Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Kusta Sedunia: Apa Itu Kusta dan Perkembangan Penyakit ini di Indonesia

Kompas.com - 01/02/2022, 09:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Hari Kusta Sedunia (HKS) diperingati setiap Minggu terakhir Januari, di mana pada tahun ini peringatan tersebut jatuh pada 30 Januari 2022. Mengenal tentang penyakit kusta, apa itu kusta dan bagaimana perkembangan penyakit tersebut di Indonesia?

Kementerian Kesehatan RI dalam peringatan HKS tahun ini mengangkat tema Hapuskan Stigma dan Diskriminasi Kusta. Tema ini diangkat karena kusta sering dianggap sebagai penyakit kutukan, keturunan dan bahkan berasal dari makanan.

Padahal, kusta bukanlah penyakit kutukan dan penderitanya tidak boleh dikucilkan karena kesalahpahaman atau kekeliruan stigma yang ada di masyarakat tersebut.

Apa itu kusta?

Kusta adalah penyakit menular menahun atau infeksi kronik yang disebabkan oleh kuman kusta yaitu Mycobacteriu leprae.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengkategorikan kusta sebagai salah satu Penyakit Tropis Terabaikan (NTD) yang ada di Indonesia, yang paling sering bermanifestasi pada jaringan kulit. Penyakit ini juga menyerang saraf  tepi, dan organ tubuh lainnya.

Meski sering bermanifestasi di jaringan kulit, tetapi penularan penyakit yang satu ini diketahui melalui pernapasan dan kontak erat dengan durasi lama.

Baca juga: Hari Kusta Sedunia, Ini 4 Mitos Kusta yang Tidak Perlu Dipercaya

Gejala awal penyakit kusta ditandai dengan timbulnya bercak merah ataupun putih pada kulit, yang tidak gatal, tidak sakit dan tidak sembuh dengan obat kulit biasa.

Gejala kusta jika tidak segera diobati, maka berpotensi menimbulkan kecacatan yang berpeluang menjadi sumber diskriminasi baik kepada penderita maupun keluarga penyintas itu.

Situasi kusta di Indonesia

Indonesia menempati peringkat ketiga negara dengan penderita kusta terbanyak setelah India dan Brasil.

Berdasarkan data yang dihimpun Kemenkes per tanggal 24 Januari 2022 mencatat jumlah kasus kusta terdaftar yakni 13.487 kasus dengan penemuan kasus baru sebanyak 7.146 kasus.

Di tahun 2021, tercatat sebanyak 6 provinsi dan 101 kabupaten/kota di Indonesia yang belum mencapai eliminasi kusta. Keenam provinsi tersebut adalah Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

Eliminasi kusta di Indonesia

Dalam peringatan Hari Kusta Sedunia, Kemenkes menyebutkan bahwa eliminasi kusta di Indonesia menghadapi tantangan yang sangat kompleks. 

Baca juga: 4 Mitos Kusta yang Salah Kaprah, Jangan Lagi Dipercaya

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com