Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nocebo Dikaitkan dengan Efek Samping Vaksin Covid-19, Studi Jelaskan

Kompas.com - 21/01/2022, 16:40 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Berdasarkan studi baru, lebih dari dua pertiga dari semua efek samping vaksin Covid-19 seperti kelelahan dan sakit kepala dikaitkan dengan efek nocebo, bukan dari kandungan vaksin itu sendiri.

Apa itu Nocebo?

Melansir Newsweek (2/1/2022), efek nocebo adalah lawan negatif dari plasebo. Efek nocebo ini disebut hadir dalam bentuk sugesti.

Nocebo adalah perasaan tidak nyaman yang dihasilkan setelah mendapatkan pengobatan. Hal ini disebabkan oleh persepsi negatif yang dipikirkan seseorang.

Contohnya, saat seseorang diberikan penjelasan oleh petugas medis atau dokter mengenai terapi, vaksin dan obat yang harus ia lakukan untuk menyembuhkan penyakitnya.

Dalam penyampaian informasi itu, dokter tidak hanya memberikan informasi tentang manfaatnya saja, melainkan juga memberikan informasi jika vaksin atau obat yang akan disuntikkan ke dalam tubuh pasien juga bisa saja memberikan sedikit efek samping.

Baca juga: Studi Nyata Efek Samping Vaksin Pfizer di Israel, Terbukti Vaksin Ini Aman

 

Selain penyampaian dari dokter, kasus lainnya terkait efek nacebo mungkin juga, pasien pernah mendengarkan cerita dari teman, atau membaca di internet tentang vaksin atau obat beserta potensi risiko efek samping yang ditimbulkan. 

Padahal, seperti yang kita ketahui, tubuh setiap orang akan memiliki respon yang berbeda-beda terhadap kandungan suatu obat atau vaksin yang sama sekalipun.

Sebenarnya, efek samping pengobatan dan vaksin itu bisa saja tergolong ringan, yang seharusnya bisa ditoleransi oleh tubuh pasien dengan baik.

Akan tetapi, ada saja pasien yang terus memikirkan sisi efek samping tersebut sebelum dilakukan treatment dan seolah ada sugesti bahwa vaksin atau obat tersebut walaupun bagus untuk dirinya tetapi tetap akan ada efeknya.

Sugesti negatif terkait efek samping inilah yang justru membuat pasien- setelah disuntik vaksin- seolah merasakan efek samping vaksin itu walaupun bisa jadi tidak ada keluhan efek itu pada kenyataanya.

Dalam persoalan vaksin Covid-19 ini, efek samping yang banyak dikeluhkan dan berkaitan dengan efek nocebo adalah kelelahan, sakit kepala, serta nyeri lengan.

Baca juga: 5 Alasan Efek Samping Vaksin Covid-19 Lebih Sering Muncul pada Wanita ketimbang Pria

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com