Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Jantung Kita Berdetak Lebih Cepat Saat Takut? Sains Jelaskan

Kompas.com - 18/01/2022, 17:05 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat kita terkejut atau merasa ketakutan, detak jantung akan berdetak lebih cepat dari biasanya. Kondisi ini kerap terjadi ketika sedang menonton film horor, saat menaiki wahana yang menyeramkan di tempat wisata seperti roller coaster, atau saat menghadapi hal yang menantang.

Lantas, kenapa ya jantung kita berdetak lebih cepat atau deg-degan saat ketakutan? Untuk menjawabnya, misteri tubuh manusia kali ini membahas penyebabnya. 

Dilansir dari Health Digest, (30/4/2021) ketakutan merupakan emosi alami yang muncul dari sistem saraf dan memicu naluri untuk bertahan dan menjaga diri kita agar tetap aman dari bahaya.

Baca juga: Kenapa Kita Mudah Tertidur Ketika Naik Mobil? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Stimulus yang muncul karena menonton film horor, akan memicu otak untuk menghasilkan adrenalin yang disebut respons fight-or-flight. Kemudian, sistem saraf otonom secara tidak disengaja merespons dan membuat tubuh menjadi lebih waspada.

Untuk diketahui, respons fight-or-flight adalah ketika kita merasa ada bahaya tubuh akan memberikan respons berupa melawan (fight) atau lari (flight).

Dijelaskan peneliti psikologi di Universitas Georgetown Abigail Marsh, stimulus yang berupa sentuhan, visual, suara yang menakutkan akan mencapai talamus di pusat otak dan memasuki amigdala di dasar otak.

Dari sini neurotransmitter yang disebut glutamat membawa sinyal lebih dalam ke otak dan menyebabkan kita terdiam atau melompat tanpa sadar, sebagai respons fight-or-flight.

Meningkatnya hormon juga menyebabkan jantung memompa darah lebih kuat ke otot. Itulah alasan mengapa Anda mungkin merasa sedikit goyah ketika takut.

Kondisi ini membuat denyut jantung dan kadar glukosa darah meningkat, sehingga kita merasa deg-degan. Menurut American Heart Association, saat takut aliran darah mengalir ke otot dan paru-paru menyebaban pupil melebar, pencernaan melambat, hingga produksi keringat berlebih.

Meskipun rasa takut menyebabkan respons langsung di banyak sistem organ, tubuh mampu untuk menenangkan dirinya jika ancaman itu dianggap tidak berbahaya.

Baca juga: Kenapa Tubuh Menggigil Saat Kedinginan? Ini Penjelasannya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com