Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gurita Paling Langka Ini Menampakkan Diri di Great Barrier Reef

Kompas.com - 17/01/2022, 20:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Blanket octopus atau gurita selimut adalah spesies paling langka. Belum lama ini, sebuah video penyelam berhasil menangkap penampakan gurita langka tersebut.

Dilansir dari Live Science, Senin (17/1/2022), gurita berwarna merah itu berenang di atas Great Barrier Reef, di timur laut Australia.

Penampakan gurita langka ini dilaporkan pertama kali di situs berita lokal. Gurita selimut yang langka ini juga sering disebut jubah berdaging.

Jacinta Shackleton, ahli biologi kelautan dan pemandu terumbu karang, merekam dan memotret gurita selimut yang langka itu saat menyelam di lepas pantai Pulau Lady Elliot di Queensland pada 6 Januari lalu.

Baca juga: Langka, Gurita Bertubuh Transparan Terlihat di Samudra Pasifik

 

"Ketika saya pertama kali melihatnya, saya pikir itu mungkin ikan remaja dengan sirip panjang, tetapi ketika mendekat, saya menyadari itu adalah gurita selimut dan saya sangat gembira dan tidak bisa menahan kegembiraan saya!," kata Shackleton saat melihat penampakan gurita langka di Great Barrier Reef.

Great Barrier Reef Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang bekerja untuk melindungi terumbu ikonik, gurita selimut adalah sekelompok kecil gurita yang jarang terlihat dalam genus Tremoctopus.

Shackleton bertemu dengan gurita betina muda di perairan dangkal, yang sangat langka, karena gurita ini biasanya hidup di lautan terbuka.

"Warna di jubahnya luar biasa dan sangat menarik untuk melihat cara dia bergerak melalui air," tulis Shackleton di akun Instagram-nya, @jacintashackleton, di mana dia memposting video dan foto pertemuan itu.

Gurita selimut tidak hanya spesies gurita langka, tetapi juga memiliki keunikan dari perbedaan ukuran tubuh antara gurita betina dan jantan yang sangat jauh, hingga cara mereka kawin atau bereproduksi.

Baca juga: Langka, Gurita Berlengan Sembilan Ditemukan di Lepas Pantai Jepang

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com