Kunga, Hewan Hasil Rekayasa Hayati Pertama Ditemukan, Apa Itu?

Kompas.com - 16/01/2022, 13:01 WIB
Mela Arnani,
Bestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Mesopotamia kuno menggunakan kunga, persilangan keledai betina dan keledai liar Suriah jantan, untuk menarik kereta perang sekitar 4.500 tahun yang lalu.

Para peneliti melakukan analisis DNA purba dari tulang hewan yang digali di Suriah Utara, kunga, yang digambarkan dalam sumber kuno sebagai penarik kereta perang.

“Dari kerangkanya kami tahu mereka adalah equid, hewan mirip kuda, tapi tidak sesuai dengan ukuran keledai dan keledai liar Suriah,” ujar seorang ahli genom di Institut Jacques Monod di Paris Eva-Maria Geigl seperti dikutip dari Live Science, Sabtu (15/1/2022).

Kendati begitu, penyebab perbedaan antara kunga dan keledai belum diketahui secara jelas.

Baca juga: 5 Hewan Purba yang Masih Hidup

Sebuah studi baru menegaskan, kunga merupakan hewan hibrida yang kuat, cepat, dan belum steril dari keledai peliharaan betina dan keledai liar Suriah jantan atau hemione, spesies equid asli wilayah tersebut.

Catatan kuno menuliskan kunga sebagai binatang yang sangat berharga di Mesopotamia, dan sangat mahal dikarenakan proses untuk membiakkannya agak sulit. Harganya mencapai enam kali lipat harga seekor keledai.

Setiap kunga steril, seperti banyak hewan hibrida lainnya, harus diproduksi dengan mengawinkan keledai peliharaan betina dengan keledai liar jantan yang harus ditangkap. Padahal keledai liar sangat cepat larinya dan tidak mungkin dijinakkan.

“Ini benar-benar hasil rekayasa, yang dilakukan setiap kali kunga diproduksi,” tutur Geigl.

Sebagai informasi, hewan hibrida adalah hasil perkembangbiakkan antara spesies yang berbeda. Hewan-hewan tersebut kebanyakan steril seperti bagal, hibrida keledai-kuda atau liger, hibrida singa-harimau, yang berarti harus dibiakkan secara sengaja dalam setiap kasus individu.