Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum dan Sesudah Vaksinasi Covid-19

Kompas.com - 14/01/2022, 18:32 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Vaksin Covid-19 mungkin memberikan efek samping tertentu bagi penerimanya.

Menurut Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, beberapa efek samping vaksinasi Covid-19 yang umum dialami adalah nyeri pada lengan, sakit kepala, rasa lelah, dan nyeri sendi. 

Untuk meminimalisasi efek samping tersebut, adakah makanan yang disarankan oleh para ahli untuk dimakan sebelum dan sesudah vaksin? 

Apa makanan yang baik dikonsumsi sebelum dan sesudah vaksinasi Covid-19?

Dilansir dari Eating Well, menurut dr. Heather Koza, MD, dokter kedokteran keluarga di Comprehensive Integrative Healthcare, Michigan, tidak ada bukti penelitian yang cukup untuk mendukung bahwa makanan atau suplemen anti-inflamasi seperti vitamin C mampu membuat vaksin Covid-19 lebih efektif. 

Baca juga: 6 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Vaksinasi Covid-19

Namun, secara umum, makan makanan bergizi tinggi dan mengonsumsi vitamin C dapat membantu sistem kekebalan tubuh.

William Li, MD, salah satu pendiri dan direktur medis Angiogenesis Foundation pun berpendapat bahwa belum ada bukti kuat bahwa mengonsumsi suplemen apa saja dapat membuat vaksin Covid-19 bekerja lebih optimal. 

Ia mengatakan, masyarakat justru harus waspada terhadap suplemen atau produk yang klaimnya dapat meningkatkan respons vaksin.

Di samping, makan sebagian besar makanan utuh seperti buah-buahan dan sayuran serta lebih sedikit makanan olahan akan membantu sistem kekebalan tubuh bekerja lebih optimal.

Konsumsi makanan utuh dan mengurangi konsumsi makanan olahan ini perlu dilakukan secara konsisten, tidak hanya saat akan mendapatkan vaksin. 

Baca juga: Ini Cara Cek Jadwal Vaksinasi Booster di Peduli Lindungi

Adapun beberapaberapa makanan utuh yang disarankan untuk dikonsumsi adalah:

  • Buah-buahan
  • Sayuran
  • Kacang-kacangan
  • Ikan

Sementara itu, minyak nabati yang kerap digunakan dalam makanan olahan atau makanan cepat saji sebaiknya dikurangi atau dihindari untuk mencegah peradangan.

Selain makanan utuh, tidak ada salahnya untuk makan makanan anti-inflamasi setelah mendapatkan vaksin, meski mungkin tidak akan membuat banyak perbedaan. 

Berdasarkan rekomendasi dr. Louis Malinow, MD, dokter penyakit dalam dan penasihat medis Persona Nutrition, beberapa makanan anti-inflamasi yang menyehatkan adalah:

  • Kunyit
  • Ikan salmon
  • Ikan herring
  • Ikan mackerel
  • Ikan sarden

Baca juga: Mengenal KIPI Vaksin Covid, Gejala Setelah Vaksinasi hingga Cara Mengatasi

dr. Manilow mengatakan, seseorang juga mungkin membutuhkan makanan yang menghangatkan dan menenangkan setelah vaksinasi.

Untuk ini, dr. Manilow menyarankan untuk mengonsumsi sup ayam yang tidak hanya lezat tetapi juga bergizi.

Perlu diingat bahwa pola makan sehat yang dipertahankan untuk jangka panjang dapat meningkatkan respons imun dan membantu melawan infeksi.

Oleh sebab itu, penting untuk konsisten makan makanan sehat dan tidak hanya saat mendapatkan vaksin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com