Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vaksinasi di Indonesia Masuk 5 Besar Tertinggi di Dunia, Menkes: Cakupan Vaksinasi Terus Digenjot

Kompas.com - 08/01/2022, 09:02 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Indonesia berhasil masuk lima besar negara dengan tingkat vaksinasi Covid-19 terbanyak di dunia. Vaksinasi di Indonesia, menurut catatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, kini jumlah cakupan vaksinasi Covid-19 mencapai 166,65 juta sasaran.

Vaksinasi di Indonesia tertinggi di dunia, dengan jumlah tersebut, Indonesia berada di urutan keempat setelah China, India, Amerika Serikat, kemudian diikuti Brasil di peringkat kelima.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, berdasarkan data Our World in Data per tanggal 4 Januari 2022, Indonesia sudah menyuntikkan vaksin Covid-19 sebanyak 283.554.361 dosis.

"Capaian ini berhasil mengantarkan Indonesia menjadi satu dari lima negara dengan cakupan vaksinasi terbanyak di dunia,” ujar Budi dikutip dari laman resmi Kemenkes RI, Kamis (6/1/2022).

Baca juga: Ditemukan Transmisi Lokal Omicron di Indonesia, Apakah Vaksinasi Booster Akan Segera Dilakukan?

 

Dijelaskan Budi, pemerintah akan terus menggenjot cakupan vaksinasi nasional bagi 208,2 juta penduduk, yang ditargetkan vaksinasi di Indonesia ini akan selesai di bulan Maret atau April 2022 mendatang.

Maka dari itu, dia pun memastikan stok vaksin Covid-19 di Indonesia aman.

Kini, jumlah sasaran vaksinasi pun bertambah yakni pada anak usia 6-11 tahun serta penambahan untuk program vaksinasi booster atau dosis ketiga yang rencananya akan dilaksanakan di 12 Januari 2022.

Meski begitu, Menkes Budi yakin bahwa jumlah vaksin yang saat ini tersedia masih mencukupi.

“Sekarang kita ada stok vaksin sekitar 140 juta dosis, Kita targetkan kecepatan vaksinasi kita (Indonesia) 50 juta sasaran dalam kurun waktu satu bulan," ujar Budi.

Baca juga: WHO Khawatir Ketimpangan Vaksinasi Covid-19 di Indonesia Terus Terjadi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com