Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER SAINS] Masa Inkubasi Varian Omicron | Harta Karun di Bawah Sphinx | 5 Hewan Unik Sepanjang 2021

Kompas.com - 30/12/2021, 07:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Berita populer di penghujung akhir tahun 2021, kali ini diramaikan dengan beberapa berita populer Sains sepanjang Rabu (29/12/2021). Salah satunya peneliti ungkap masa inkubasi varian Omicron.

Sejak terdeteksi kali pertama akhir November lalu, varian Omicron masih menjadi misteri bagi para ilmuwan, baik tentang karakter penularannya, jumlah mutasi yang sangat banyak, hingga keparahan infeksi yang ditimbulkan.

Kali ini, dengan menganalisis beberapa laporan kasus infeksi varian Omicron, para ahli pun menemukan fakta baru turunan baru virus corona tersebut.

Ahli mengungkapkan masa inkubasi varian Omicron ini hanya 3 hari, sehingga diimbau agar masyarakat untuk mewaspadai gejalanya.

Selain berita tersebut, para arkeolog kembali menemukan hal baru di kawasan kota kuno Mesir, yakni harta karun yang ditemukan di bawah patung Sphinx. Harta karun tersebut berada di sebuah ruang rahasia, di bawah patung penjaga dalam mitologi Mesir tersebut.

Sepanjang tahun 2021 ini, lima hewan unik yang ditemukan menjadi berita populer Sains sejak Rabu (29/12/2021) hingga Kamis (30/12/2021).

Selain itu, artikel populer Sains lainnya, yakni tiga skenario yang disampaikan epidemiolog dalam mengantisipasi lonjakan kasus Covid varian Omicron di Indonesia.

Berikut ini, beberapa rangkuman berita-berita populer Sains sepanjang Rabu (29/12/2021) hingga Kamis (30/12/2021) pagi ini.

Masa inkubasi varian Omicron 3 hari

Studi baru mengungkapkan masa inkubasi Covid varian Omicron ini hanya tiga hari saja.

Penelitian ini dirilis oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) yang menyarankan bahwa kemungkinan varian Omicron mempunyai masa inkubasi yang lebih pendek dari varian sebelumnya.

Studi ini mengungkapkan masa inkubasi varian Omicron ini sekitar 72 jam atau 3 hari.

Para peneliti dalam studi ini telah mengamati kemungkinan bahwa masa inkubasi varian Omicron hanya diperlukan waktu selama tiga hari bagi orang untuk mengembangkan gejala infeksi virus Omicron, menjadi menular dan dites positif.

Dibandingkan masa inkubasi virus yang disebabkan oleh varian Delta, yang diketahui selama empat hingga enam hari, termasuk inkubasi dari virus varian asli.

Berita populer Sains tentang masa inkubasi varian Omicron ini dapat disimak selengkapnya di sini.

Baca juga: Masa Inkubasi Varian Omicron 3 Hari, Apa Saja Gejala yang Harus Diwaspadai?

Harta karun di bawah Sphinx

Sebuah ruang rahasia seluas 100 meter di bawah patung Sphinx di Mesir, menyimpan harta karun yang tak terduga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com