Studi: Kegelapan Landa Bumi Usai Tumbukan Asteroid 66 Juta Tahun Lalu

Kompas.com - 24/12/2021, 17:01 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Sebuah studi mengungkap Bumi mengalami masa-masa kelam usai terjadinya tumbukan asteroid yang memusnahkan dinosaurus non-unggas, di mana kegelapan pernah menyelimuti planet ini.

Studi tersebut menyebut jelaga dari kebakaran hutan yang diakibatkan asteroid memenuhi langit dan menghalangi Matahari.

Peristiwa itu secara langsung berkontribusi pada gelombang kepunahan berikutnya.

Mengutip Live Science, Jumat (24/12/2021) setelah asteroid menghantam sekitar 66 juta tahun yang lalu, bencana alam itu dengan cepat memusnahkan banyak bentuk kehidupan.

Namun tak hanya itu saja, dampak hantaman menyebabkan pula perubahan lingkungan yang mengarah pada kepunahan massal yang berlangsung dari waktu ke waktu.

Hal tersebut dipicu adanya abu tebal serta partikel yang dimuntahkan ke atmosfer dan menyebar ke planet.