Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ancol Jadi Lokasi Sirkuit Formula E 2022, BMKG Imbau Waspadai Potensi Banjir Rob

Kompas.com - 23/12/2021, 10:05 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perhelatan Formula E 2022 resmi dilaksanakan di Ancol, Jakarta Utara, pada 4 Juni 2022. Hal tersebut disampaikan Ketua Pelaksana Formula E, Ahmad Sahroni.

Akan tetapi, penetapan lokasi ini dibayangi ancaman banjir rob karena wilayah pesisir utara Jakarta kerap menjadi wilayah terdampak banjir.

Sehingga, potensi banjir rob terutama di kawasan Ancol menjadi perhatian Pemprov DKI saat Formula E berlangsung.

Baca juga: 23 Wilayah di Indonesia Waspada Potensi Banjir Rob 5 Hari ke Depan

Dikutip dari Kompas TV, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria pun memastikan bahwa Pemprov DKI akan melakukan langkah antisipasi terkait dengan potensi banjir rob di kawasan Ancol selama penyelenggaraan Formula E.

"Soal potensi ada banjir rob itu juga menjadi pertimbangan kami semua, mudah-mudahan pada pelaksanaannya tidak ada banjir dan ini juga menjadi perhatian kita untuk melakukan berbagai antisipasi," kata Riza, Rabu (22/12/2021).

Sementara itu, Sahroni mengatakan bahwa ancaman banjir rob biasanya terjadi di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) dan Muara Baru, dan tidak mencapai kawasan Ancol.

"Kalau air pasang di waktu yang tidak tentu, kalau naik ya paling 5 senti, tidak nyampe ke sini (sirkuit) kok," ujar Sahroni. 

Kawasan Ancol dipilih karena merupakan tempat yang ikonik dan dinamis di DKI Jakarta. Penyelenggaraan Formula E di Ancol juga dinilai tidak akan mengganggu prasarana jalan bagi masyarakat.

BMKG waspadai potensi banjir rob pada bulan Juni

Sementara itu, Kepala Pusat Meteorologi Maritim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Eko Prasetyo menjelaskan, berdasarkan kalender pasang surut tahun 2022, terdapat tanggal-tanggal yang harus diwaspadai terkait potensi banjir rob di Ancol. 

Dia menyebutkan, mulai tanggal 12 hingga 16 Juni 2022 perlu diwaspadai potensi rob di beberapa wilayah di Indonesia, termasuk di Ancol.

"Namun, untuk Ancol sendiri seberapa tingginya (air akibat banjir) rob masih dalam kajian. Potensi (banjir) rob ini tidak hanya di Ancol, tetapi di wilayah-wilayah yang pernah terdampak rob atau sering terdampak rob," ungkap Eko saat dihubungi Kompas.com, Rabu (22/12/2021).

Lebih lanjut, dia menyarankan agar penyelenggara acara dapat memiliki tempat-tempat yang dirasa aman untuk diadakannya Formula E 2022 ini.

"Mungkin bisa dipilihkan tempat-tempat di Ancol yang tidak terdampak rob, (karena) tidak semuanya terdampak, tidak semuanya tergenang," pungkasnya.

Untuk diketahui, banjir rob atau banjir pesisir merupakan fenomena astronomis saat fase pasang maksimumnya air laut akan menggenangi daratan.

Tinggi air yang disebabkan banjir rob di setiap tempat berbeda-beda, tergantung topografi (ketinggian permukaan laut) di masing-masing wilayah.

Baca juga: Banjir Rob Menerjang, Benarkah Gelombang Ekstrem Selalu Terjadi Tiap Akhir Tahun?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com