Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Hewan yang Memiliki Gigitan Terkuat, Salah Satunya Kuda Nil

Kompas.com - 20/12/2021, 18:02 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak cara untuk mengukur kekuatan hewan, salah satunya adalah dengan melihat kekuatan gigitannya.

Beberapa hewan memiliki kekuatan gigitan yang luar biasa. Uniknya, hewan dengan gigitan yang kuat ini tidak selalu predator pemakan daging. 

Dilansir dari AZ Animals, berikut adalah daftar 7 hewan yang memiliki gigitan terkuat berdasarkan pon per inci persegi (PSI):

1. Beruang madu

Beruang madu (Ursus arctos horribilis) adalah hewan dengan kekuatan gigitan yang mencengangkan. Predator puncak ini mencatatkan kekuatan gigitan hingga 975 PSI.

Uniknya, omnivora ini berasal dari Amerika Utara dan sebagian besar makanannya terdiri dari kacang-kacangan, beri, buah, dan tumbuh-tumbuhan lainnya. 

Baca juga: 7 Parasit Mematikan pada Hewan dan Manusia

Namun, dengan kekuatannya, beruang madu dapat menjatuhkan mangsa yang ukurannya berkisar dari hewan pengerat hingga rusa besar .

2. Hyena tutul

Hyena tutul (Crocuta crocuta) juga masuk dalam daftar hewan dengan gigitan terkuat. 

Kekuatan gigitan hyena mencapai 1.100 PSI, hampir dua kali lipat kekuatan gigitan singa yang merupakan pesaing dekat mereka dalam mencari mangsa . 

Spesies terbesar dari keluarga hyena ini berukuran antara tiga hingga empat kaki panjangnya ditambah ekor yang besar dan berat mereka berkisar antara 100-200 pon.

Meskipun mereka terlihat mirip dengan anjing, hyena justru lebih dekat dengan kucing dan musang . Hyena tutul menggunakan kekuatan gigitannya untuk mematahkan tulang dan kuku. Mereka pun memakan hampir setiap bagian dari mangsanya tanpa menyisakan apapun.

Baca juga: Punya Kaki Lebih dari 1300, Ini Hewan dengan Kaki Terbanyak di Dunia

3. Beruang kutub

Beruang kutub (Ursus maritimus) bukan hanya spesies beruang terbesar di Amerika Utara, tetapi juga hewan dengan gigitan terkuat.

Kekuatan gigitan beruang kutub diperkirakan 1.200 PSI, yang biasanya digunakan beruang kutub untuk memakan anjing laut.

Saat makanan langka, mereka dapat memakan bangkai ikan paus, ikan, dan buah beri yang tersedia yang dapat mereka temukan.

Beruang kutub memakan lebih sedikit vegetasi daripada kerabatnya yang lain, terutama karena lingkungan Arktik yang memiliki cuaca ekstrem.

Beruang kutub dapat tumbuh hingga 1.200 pon dan tingginya tujuh kaki. Bahkan dengan tubuh besar ini, kaki beruang kutub yang berselaput membuat mereka menjadi perenang yang andal.

Baca juga: 5 Hewan Paling Cantik di Dunia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com