Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilmuwan Mengembangkan Vaksin Berbasis mRNA untuk Terapi Kanker

Kompas.com - 20/12/2021, 09:03 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber NBC News

KOMPAS.com - Para ilmuwan di Amerika Serikat sedang mengembangkan vaksin berbasis mRNA atau messenger RNA sebagai terapi pengobatan kanker.

Dilansir dari NBC News, Sabtu (18/12/2021), salah satu pasien kanker usus besar stadium 3, Omar Rodriguez akan menjadi salah satu orang pertama yang menerima vaksin kanker berbasis mRNA.

Pria berusia 47 tahun asal Edinburg, Texas ini sudah menjalani operasi pengangkatan tumor, tetapi dokter yang menanganinya menjelaskan, bahwa masih ada 70 persen kemungkinan kanker akan kembali dalam lima tahun.

Baca juga: Penyebab, Gejala, Deteksi Dini, dan Pengobatan Penyakit Kanker Hati

Sebelumnya, Rodriguez telah menyelesaikan kemoterapi pada bulan Februari lalu dan akan kembali ke rumah sakit untuk mendapatkan dosis vaksin baru yang memanfaatkan teknologi mRNA.

Teknologi mRNA diketahui telah digunakan dalam pembuatan vaksin Covid-19 yakni vaksin Pfizer-BioNTech dan vaksin Moderna. Akan tetapi, kali ini vaksin tidak akan menargetkan virus corona, melainkan sel kanker.

Vaksin kanker ini tengah diproduksi oleh BioNTech, perusahaan farmasi Jerman yang bermitra dengan Pfizer tahun lalu untuk memproduksi vaksin Covid pertama di AS.

Sementara ini, para peneliti sedang mempelajari vaksin eksperimental dalam uji klinis tahap 2, dan Rodriguez merupakan salah satu peserta penelitian.

"BioNTech mengamati vaksin mRNA jauh sebelum virus corona melanda dunia tahun lalu. Perusahaan ini didirikan 13 tahun lalu dengan tujuan mengembangkan terapi kanker," ujar CEO BioNTech, Dr Ugur Sahin.

Sementara itu, perusahaan ini bukanlah satu-satunya yang meneliti vaksin untuk kanker, sebab para ilmuwan di seluruh dunia juga telah mengembangkan vaksin mRNA selama beberapa dekade sebelum pandemi Covid-19.

Mereka menilai, vaksin mRNA tampaknya dapat mengobati penyakit kronis, termasuk HIV serta kanker.

Untuk diketahui, untaian mRNA adalah potongan kecil kode genetik yang memberi tahu tubuh cara membangun protein yang merupakan blok bangunan penting dari setiap sel dalam tubuh.

Baca juga: Imunoterapi Efektif Lawan Kanker Paru Berbagai Subtipe

Halaman:
Sumber NBC News
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com