Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ular Ternyata Bisa Memakan Dirinya Sendiri, Ini Alasannya

Kompas.com - 16/12/2021, 18:02 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Sebagaimana hewan-hewan lainnya, perilaku ular dapat menggambarkan kondisi hewan reptil tersebut. 

Salah satu perilaku ular yang cukup mengejutkan dan mengundang banyak pertanyaan adalah ular dapat "memakan" dirinya sendiri melalui ekor. 

Lantas, apa penyebab ular memakan dirinya sendiri? Apakah semua ular dapat melakukannya?

Dilansir dari IFL Science, ular merupakan hewan berdarah dingin, yang berarti mereka tidak dapat mengatur suhu tubuh mereka. 

Mereka membutuhkan sumber panas eksternal (seperti matahari atau lampu, dalam kasus ular peliharaan) untuk menghangatkan diri. Tetapi, jika ular menjadi terlalu hangat, mereka tidak dapat berkeringat untuk mendinginkan diri, dan harus mencari perlindungan di tempat yang sejuk dan teduh.

Baca juga: Bullfrog Amerika, Katak Besar Pemangsa Ular

Jika ular menjadi terlalu panas, mereka bisa menjadi bingung dan kehilangan arah. Mereka juga mengalami peningkatan metabolisme yang signifikan, menyebabkan mereka memiliki rasa lapar yang salah dan keinginan untuk makan hal pertama yang mereka lihat. 

Karena ular yang berada di penangkaran biasanya hidup sendiri dan makanan tidak tersedia secara rutin untuk mereka, mereka akhirnya memakan diri mereka sendiri. 

Selain itu, ular juga dapat menyerang diri mereka sendiri jika mereka rontok dan memiliki penglihatan yang berkurang dan salah mengira bahwa ekor mereka adalah mangsa.

Ketika ular mulai melakukan kanibalisme terhadap dirinya sendiri, mengurangi suhu dengan mematikan lampu pemanas dan menyiram ular dengan air dingin dapat membantu mengurangi stres dan ular dapat melepaskannya tubuhnya, meskipun terkadang intervensi oleh dokter hewan diperlukan. 

Kondisi demikian bisa berakibat fatal. Pasalnya, tubuh ular telah berevolusi untuk menjebak makanan dan membimbingnya masuk sehingga akan sulit bagi mereka untuk melepaskannya begitu mereka mulai makan ekornya sendiri.

Baca juga: Ular Benang Barbados, Ular Terkecil di Dunia yang Beratnya 0,6 Gram

Dilansir dari Animal Food Planet, ada beberapa hal yang dapat dilakukan para pemilik ular untuk menghindari hewan peliharaannya ini memakan dirinya sendiri.

Pertama, atur suhu tangki ular. Ingat, ular peliharaan harus bisa mengatur suhunya sendiri dengan ditempatkan pada tangki dengan sudut hangat, sementara sudut lain dapat digunakan untuk mendinginkan diri. Pastikan ada pemandian air kecil untuk membantu mendinginkan ular.

Kemudian, bantu ular agar tidak stres. Ular di penangkaran atau ular yang dipelihara bisa mengalami stres ketika mereka tidak memiliki cukup ruang, tidak diberi makan secara teratur, sakit, atau ketika mereka terkena gangguan seperti orang mengetuk jendela tangki atau pencahayaan konstan.

Pastikan ular tidak stres dengan rutin melakukan perawatan, seperti menyiram, memberi makan, memanaskan, dan lain-lain. Setiap jenis ular memiliki kebutuhan makanannya sendiri, jadi pastikan untuk memberi makan dengan tepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com