Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/12/2021, 19:34 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Ular kobra adalah ular yang berasal dari genus Naja. Kobra adalah ular berbisa dan bisa menyebabkan kematian pada manusia. Tiap spesies memiliki tingkat mematikan yang berbeda. Berikut adalah spesies kobra paling mematikan di dunia.

1. Kobra Kaspia

Kobra Kaspia adalah spesies kobra paling mematikan di dunia. Ular jenis ini banyak ditemukan di wilayaha Turkmenistan, Tajikistan, Uzbekistan, Kyrgystan, dan sebagian wilayah Iran, Pakistan, Afghanistan, dan India.

Ular ini banyak hidup di habitat berbatu di pegunungan di atas ketinggian 3.000 meter. Kobra Kaspia umumnya memangsa mamalia kecil, burung, dan amfibi.

Tingkat mortalitas pada manusia yang terkena gigitan Kobra Kaspia mencapai 75 persen. Hanya butuh 0,10 miligram bisa per kilo berat badan untuk menyebabkan kematian pada manusia.

2. Kobra Filipina

Peringkat kedua kobra paling mematikan di dunia masih dipegang oleh kobra yang berasal dari Asia. Spesies kobra ini banyak ditemukan di bagian utara Filipina. Kobra ini memiliki habitat yang lebih beragam dibandingkan jenis sebelumnya, Jenis ini bisa ditemukan di padang rumput, hutan, ladang, bahkan pemukiman.

Kobra Filipina gemar memangsa katak. Oleh karena itu paling banyak ditemukan di daerah yang berair atau dekat dengan air. Hanya butuh 0,14 miligram bisa per kilogram berat badan untuk menyebabkan kematian pada manusia.

Baca juga: Cara Menghindari Gangguan Ular Kobra di Rumah

3. Kobra Samar

Kobra Samar adalah spesies kobra yang berasal dari Pulau Mindanau dan Visayas di Filipina. Ular berbisa ini mematikan dengan dosis 0,21 miligram per kilogram berat badan.

Bisa dari Kobra Samar sedikit berbeda dengan bisa kobra lainnya. Umumnya bisa bersifat neurotoksin atau menyebabkan gangguan saraf. Namun, bisa Kobra Samar memiliki sifat sitotoksik. Bisanya menyebabkan kematian jaringan dan menyebabkan kematian dengan menyebabkan gagal napas.

4. Kobra hutan

Kali ini merupakan jenis kobra yang berasal dari Afrika bagian barat dan tengah. Walau namanya kobra hutan, kobra ini bisa ditemukan sabana, hutan dataran rendah, dan daerah yang lebih kering. Setelah tergigit kobra hutan, kematian bisa terjadi dengan sangat cepat, yaitu 30 sampai 120 menit saja.

5. Kobra India

Kobra paling berbahaya kelima adalah kobra yang berasal dari Asia, tepatnya Banglades, India, Nepal, Pakistan, dan Sri Lanka. Oleh karena itu, kobra ini juga dikenal dengan Kobra Asia. Karakteristik paling unik dari kobra ini adalah motif yang menyerupai mata di kepalanya sehingga sering salah diidentifikasi.

Bisa Kobra India sangat beracun karena memiliki sifat neurotoksin dan kardiotoksin. Ketika seseorang terkena gigitannya, bisa akan menyebabkan serangan jantung, gagal napas, kegagalan sistem saraf, dan kelumpuhan. Reaksi bisanya muncul sejak 15 menit setelah gigitan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com