Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER SAINS] Vaksin Booster 1 Januari 2022 | Gejala Serangan Jantung

Kompas.com - 12/12/2021, 09:18 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Wamenkes Dante Saksono Harbuwono mengatakan, program vaksinasi dosis ketiga atau vaksin booster rencananya akan digelar 1 Januari 2022.

Ada dua strategi yang dilakukan untuk pelaksanaan vaksin booster ini, yakni gratis dan berbayar.

Informasi terkait pemberian vaksin booster di Indonesia ini menjadi salah satu berita populer Sains Kompas.com di akhir pekan ini.

Selain itu, meninggalnya walikota Bandung Oded M Danial diduga karena serangan jantung. Dokter mengatakan, sebenarnya ada gejala peringatan dari serangan jantung. Kemudian, serangan jantung juga bisa dideteksi dini dan ada cara mencegahnya.

Berikut rangkuman berita populer Sains sepanjang Sabtu (11/12/2021) hingga Minggu (12/12/2021) pagi.

Vaksin booster dijadwalkan 1 Januari 2022

Dalam kunjungan kerja di Solo, Jumat (10/12/2021), Wakil Menteri Kesehatan RI dr Dante Saksono Harbuwono, SpPD-KEMD, PhD mengatakan program vaksinasi booster mulai digelar 1 Januari 2022.

"(Vaksin Covid-19) booster kita tentukan seperti arahan bapak presiden, untuk memulai (vaksin) booster tanggal 1 Januari 2022," ungkap Dante.

Menurut dia, pemerintah saat ini tengah menyusun strategi terkait digelarnya vaksinasi dosis ketiga.

"Kebutuhan (vaksin) booster akan melipatgandakan kebutuhan belanja untuk vaksin. Dan ada dua strategi yang dilakukan, pertama untuk PBI (penerima bantuan iuran) boosternya gratis sedangkan non PBI itu nanti berbayar," lanjutnya.

Sementara itu, Dante menjelaskan, bahwa pelaksanaan vaksin booster atau vaksin dosis ketiga nantinya akan dilakukan di fasilitas kesehatan swasta.

Sedangkan fasilitas kesehatan milik TNI, Polri serta fasilitas kesehatan milik pemerintah akan diprioritaskan untuk melaksanakan target vaksinasi dosis kesatu dan dosis kedua.

Selain akan menggelar vaksin booster Covid-19 di tahun depan, pemerintah juga telah memberikan izin bagi anak usia 6 sampai 11 tahun untuk divaksinasi Covid-19.

Selengkapnya baca di sini:

Vaksin Booster Covid-19 Rencananya Dimulai 1 Januari 2022

5 gejala peringatan serangan jantung

Wali Kota Bandung, Oded M Danial meninggal dunia, diduga akibat serangan jantung. Mang Oded terjatuh saat akan menjadi khatib shalat Jumat di Masjid Mujahidin Muhammadiyah, Jumat (10/12/2021).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com