Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar dari Meninggalnya Mang Oded karena Serangan Jantung, Begini Cara Deteksi Dini dan Mencegah Penyakit Ini

Kompas.com - 11/12/2021, 12:32 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Serangan jantung adalah penyakit yang sebetulnya dapat dicegah, yakni melalui deteksi dini penyakit jantung. Belajar dari meninggalnya Wali Kota Bandung Oded M Danial atau yang akrab disapa Mang Oded, maka penting cara deteksi dini dan menegah penyakit ini.

Mang Oded meninggal dunia pada Jumat (10/12/2021), diduga penyebab kematiannya adalah serangan jantung.

Direktur Utama RS Muhammadiyah, Kautsar Boesirie mengatakan, sebelum dibawa ke RS Muhammadiyah, Mang Oded tiba-tiba jatuh saat akan menjadi khatib shalat Jumat di Masjid Mujahidin Muhammadiyah, Jalan Sancang, Kota Bandung.

Sebelum dipastikan meninggal dunia, Mang Oded sempat dibawa ke Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung guna menjalani pemeriksaan kesehatan.

Menurut Kautsar, saat dibawa ke UGD, kondisi tubuh Oded diketahui sudah menunjukkan sejumlah tanda-tanda telah meninggal dunia.

"Diperiksa nadinya sudah tidak teraba, dan pupil matanya sudah melebar. Itu adalah tanda-tanda beliau sudah tiada. Kalau mendadak begitu kondisinya, kemungkinan serangan jantung," jelasnya.

Baca juga: Walikota Bandung Mang Oded Meninggal, Begini Pertolongan Pertama Serangan Jantung

 

Apa itu serangan jantung yang disebut menjadi penyebab meninggalnya Mang Oded?

Serangan jantung adalah gangguan jantung serius ketika otot jantung tidak mendapatkan aliran darah.

Penyebab utama terjadinya serangan jantung adalah tersumbatnya pembuluh darah yang mensuplai makanan ke otot jantung. Saat suplai makanan di pembuluh darah ke otot jantung terganggu, maka ada banyak sekali gejala atau tanda yang bisa dialami oleh tubuh.

Gejala serangan jantung utamanya adalah nyeri dada. Biasanya nyeri ini akan terasa lebih dari 15 menit. Intensitas nyeri bisa bervariasi dari ringan hingga berat. Pasien akan mendeskripsikan nyerinya seperti ada beban yang luar biasa berat di dadanya. 

Namun, wanita biasanya merasakan nyeri dada yang lebih ringan. Pada wanita, gejala serangan jantung yang ditimbulkan lebih banyak mual dan nyeri pada punggung dan rahang.

Selain nyeri dada, pusing atau kliyengan, tubuh terasa lemas, jantung berdegup keras, mendadak mual, sesak napas, dan berkeringat deras atau keringat dingin juga bisa menjadi tanda serangan jantung.

Usai terjatuh saat akan menjadi khatib shalat Jumat, Mang Oded dibawa ke rumah sakit, namun dokter mengatakan bahwa Wali Kota Bandung tersebut telah menunjukkan tanda-tanda meninggal dunia yang diduga karena serangan jantung. 

Baca juga: Wali Kota Bandung Oded Meninggal Dunia akibat Serangan Jantung, Waspadai 5 Gejala Peringatannya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com