Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/12/2021, 19:32 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com – Benda langit yang mengisi ruangan antara Mars dan Jupiter adalah gerombolan asteroid yang membentuk sebuah sabuk raksasa.

Adanya sabuk asteroid inilah yang mengelompokkan planet menjadi planet dalam (Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars) dan planet luar (Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus).

Asteroid yang menyerupai bebatuan ini disebut juga sebagai planetoid atau planet minor. Jumlah mereka sangat banyak dan mempunyai orbitnya sendiri.

Selain terdapat di sabuk asteroid, asteroid yang sangat banyak ini juga terdapat di luar angkasa dan beredar bebas.

Namun, jumlah terbanyak asteroid berada di sabuk asteroid di antara Mars dan Jupiter. Di sabuk asteroid ini, jumlahnya sekitar 750.000.

Baca juga: Lebih Besar dari Menara Eiffel, Asteroid Raksasa Dekati Bumi Pekan Ini

Klasifikasi asteroid

Dilansir dari Sumber Belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), asteroid terdiri dari beberapa jenis yang dikelompokkan berdasarkan orbit dan komposisi penyusun.

Berikut adalah empat jenis asteroid yang ada di tata surya:

1. Asteroid jenis C

Asteroid jenis C merupakan asteroid yang tersusun dari tanah liat dan batuan silikat. Asteroid ini kebanyakan berada di luar sabuk utama.

2. Asteroid jenis S (asteroid silicaceous)

Asteroid jenis S adalah asteroid yang terbuat dari bahan besi dan nikel. Asteroid jenis ini kebanyakan mendominasi sabuk dalam.

3. Asteroid jenis M (asteroid metalik)

Asteroid jenis M merupakan asteroid yang tersusun atas besi dan nikel yang berwarna kemerah-merahan. Kebanyakan asteroid ini berada di tengah sabuk utama.

4. Asteroid jenis V

Asteroid jenis V merupakan asteroid yang terusun dari batuan basaltik dan kerak vulkanik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com