Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jeff Smith Mengonsumsi Narkoba LSD supaya Fokus Kerja, Benarkah Efeknya Demikian?

Kompas.com - 09/12/2021, 17:31 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Jeff Smith kembali tersandung kasus narkoba. Pada Rabu (8/12/2021), pesinetron itu ditangkap di kediamannya dan diketahui mengonsumsi narkoba jenis Lysergic Acid Diethylamide (LSD), dengan alasan supaya fokus kerja.

Seperti diungkapkan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan, JS mengonsumsi LSD supaya dapat fokus bekerja.

"Alasannya (konsumsi narkoba LSD) karena sebagai artis sinetron, agar tidak capek. Kemudian agar fokus katanya dalam pekerjaannya. Padahal yang kita tahu, ini (narkoba LSD) halusinasi," ungkap Zulpan.

Narkoba jenis LSD yang dikonsumsi oleh Jeff Smith menurut peneliti dan Pakar Adiksi dari Mental Health Addiction and Neuroscience Jakarta, dr Hari Nugroho MSc, bukanlah narkoba jenis baru.

Dr Hari mengungkapkan bahwa LSD adalah narkoba jenis halusinogen. Wujud narkoba LSD ini kebanyakan berupa lembaran-lembaran kecil.

Biasanya narkoba jenis LSD ini dikonsumsi dengan ditaruh di lidah atau di bawah lidah (sublingual), maupun dikonsumsi dengan cara di bucal yakni diletakkan di bagian dalam pipi, sehingga narkoba ini akan larut dengan sendirinya.

Namun, benarkah efek narkoba LSD ini dapat membuat pemakainya dapat fokus bekerja?

Baca juga: Kenakalan Bocah Kleptomania Pencandu Narkoba, Bisakah Sembuh dari Kecanduan?

Jeff Smith mengaku alasan menggunakan atau mengonsumsi narkoba jenis LSD ini supaya fokus bekerja.

Sementara, menurut pakar, LSD adalah jenis narkoba halusinogen, yang artinya dapat memberikan efek halusinasi pada penggunanya.

"Kalau dari sifatnya, sebetulnya (narkoba LSD) bikin semacam halusinasi. Mungkin fokus kerja yang dimaksud (Jeff Smith) jadi merasa lebih kreatif," ungkap dr Hari saat dihubungi Kompas.com, Kamis (9/12/2021).

Apalagi, jika narkoba jenis LSD ini dikonsumsi oleh pekerja seni. Penggunaan halusinogen, kata dr Hari, kadang-kadang bikin banyak ide bermunculan.

Efek samping narkoba LSD

Kendati demikian, LSD, narkoba yang dikonsumsi oleh Jeff Smith, merupakan jenis narkoba yang berbahaya dan termasuk golongan 1.

Baca juga: Rio Reifan Kembali Ditangkap, Kenapa Pencandu Sulit Lepas dari Narkoba?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com