Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Penemuan Pesawat Terbang yang Terinspirasi dari Mainan Helikopter

Kompas.com - 09/12/2021, 09:01 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber History


KOMPAS.com - Pesawat terbang biasa kita gunakan untuk bepergian ke luar kota maupun luar negeri, serta merupakan salah satu moda transportasi udara yang sangat vital bagi manusia. Perjalanan sejarah penemuan pesawat terbang cukup panjang.

Pesawat terbang menjadi salah satu penemuan penting bagi dunia, oleh karenanya, setiap tanggal 7 Desember ditetapkan sebagai Hari Penerbangan Sipil Internasional atau International Civil Aviation Day.

Tak mengherankan jika pesawat terbang disebut sebagai penemuan yang mengubah dunia. Lantas, sebenarnya bagaimana sejarah penemuan pesawat terbang?

Pada tahun 1783, beberapa aeronaut melakukan penerbangan yang dengan balon yang lebih ringan dari udara, lalu diisi dengan udara panas atau gas hidrogen.

Akan tetapi mereka menyadari bahwa hal tersebut bukan cara yang praktis untuk terbang.

Sementara, pada abad ke-19 seorang baronet Inggris, George Cayley menyusun mesin dengan sayap, sistem propulsi, dan permukaan kontrol yang dapat digerakkan untuk terbang yang diketahui sebagai konsep dasar pesawat.

Baca juga: Video Viral Pesawat Gagal Mendarat di Bali Putar Balik ke Jakarta akibat Cuaca Ekstrem

 

Dia juga tercatat sejarah sebagai salah satu penemu pesawat pertama. Cayley mengisi kesenjangan antara teori fisika, penelitian teknik, dan impian tentang penerbangan.

Untuk mewujudkan keinginannya, dia mengumpulkan data aerodinamis dalam desain pesawat bersayap, dengan menggunakan instrumen yang dikembangkan pada abad ke-18 untuk penelitian balistik.

Cayley menjelaskan, bahwa mesin pesawat terbang memiliki sistem yang terpisah. Dia memfokuskan eksperimennya pada sayap pesawat terbang.

Pada tahun 1799, Cayley mendefinisikan gaya angkat dan tarik lalu mempresentasikan desain ilmiah pesawat terbang untuk pertama kalinya. Hal tersebut menyebabkan para ahli bidang aeronautika, ilmuwan dan insinyur mulai merancang dan menguji pesawat terbang.

Dikutip dari laman Wright Brothers Aeroplane Company, seorang pria disebut telah melakukan penerbangan berawak pertama dengan pesawat layang yang dirancang oleh Cayley pada tahun 1849.

Sejarah penemuan pesawat terbang tak hanya berasal dari Cayley, maupun Wright bersaudara. Ilmuwan lain seperti Francis Wenham dan Horatio Phillips pun ikut mempelajari desain sayap melengkung.

Baca juga: Sejarah Kotak Hitam Penemuan Penting Ungkap Misteri Jatuhnya Pesawat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com