Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Setujui Obat Covid-19 Sotrovimab, Tampaknya Bisa Lawan Omicron

Kompas.com - 03/12/2021, 11:00 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber AFP

KOMPAS.com - Inggris menyetujui obat antibodi Sotrovimab untuk mengobati pasien Covid-19 yang berisiko tinggi mengembangkan gejala parah. Obat ini diyakini produsennya efektif melawan varian Omicron.

Sotrovimab dikembangkan oleh GlaxoSmithKline (GSK), perusahaan farmasi yang berbasis di Inggris dan Vir Biotechnology yang berkantor pusat di California, AS.

Sotrovimab adalah obat antibodi monoklonal, sejenis protein yang menempel pada protein spike virus corona, sehingga mampu mengurangi kemampuan protein spike untuk menempel dan menginfeksi sel tubuh manusia.

Baca juga: Peneliti Temukan Obat Antivirus Berbasis Tanaman Efektif Melawan Semua Varian Covid-19

"Obat antibodi sotrovimab aman dan efektif mengurangi risiko rawat inap dan kematian. Kemudian obat ini mampu mencegah gejala ringan berkembang menjadi gejala yang parah," kata Badan Pengatur Obat dan Produk Kesehatan Inggris (MHRA), dikutip dari AFP, Kamis (2/12/2021).

Menurut MHRA, dosis tunggal obat sotrovimab mampu mengurangi risiko rawat inap dan kematian akibat Covid-19 hingga 79 persen pada orang dewasa.

Sementara itu, pihak perusahaan GlaxoSmithKline (GSK) menambahkan bahwa dari data praklinis menunjukkan obat sotrovimab tampaknya efektif melawan varian baru Omicron.

"Data praklinis menunjukkan obat tersebut mampu melawan mutasi kunci dari varian Covid-19 Omicron," kata GSK dalam sebuah pernyataan.

"Hingga sekarang, sotroviman telah menunjukkan kemampuan melawan semua varian Covid-19 yang masuk kategori variant of concern dan beberapa variant of interest WHO," imbuh GSK.

Baca juga: Pil Covid Molnupiravir Merck Akhirnya Kantongi Izin FDA

Kendati sudah terlihat kemampuan sotrovimab dalam melawan mutasi kunci dari Omicron, saat ini pihak GSK masih melakukan pengujian mendalam untuk mengkonfirmasi aktivitas penetralan sotrovimab terhadap kombinasi mutasi Omicron.

Bagaimanapun, varian Omicron masih baru ditemukan dan oleh karenanya masih memerlukan waktu untuk menguji apakah benar sotrovimab efektif lawan Omicron.

Pihak GSK berharap dapat memberikan data pembaruan untuk Omicron pada akhir tahun 2021 ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com