Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/11/2021, 21:00 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Buah sirsak adalah buah yang memiliki rasa segar dan banyak disukai. Buah ini sebenarnya merukana buah tropis asli dari Amerika. Buah ini memiliki kulit berwarna hijau dengan tanduk-tanduk kecil yang tidak terlalu tajam.

Buah ini biasa dipotong dan dimakan dengan sendok langsung atau dijus. Ternyata buah segar ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Manfaat sirsak untuk kesehatan.

1. Membunuh sel kanker

Sebuah penelitian yang dilakukan di laboratorium menunjukkan bahwa sirsak mampu membunuh sel kanker payudara. Pada penelitian itu, sirsak bekerja dengan mengurangi ukuran sel kanker, membunuhnya, dan meningkatkan aktivitas imun tubuh.

Sebuah studi lainnya juga menunjukkan bahwa sirsak mampu menghentikan pertumbuhan sel kanker leukimia. Namun, kedua studi ini hanya dilakukan di laboratorium. Masih perlu penelitian lanjutan untuk menentukan apakah efeknya sama di tubuh manusia.

2. Kaya akan antioksidan

Buah sirsak mengandung antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan. Antioksidan mampu melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan sel.

Antioksidan mampu mencegah berbagai penyakit kronis yang dipicu radikal bebas, seperti penyakit jantung, hipertensi, dan diabetes.

Baca juga: Khasiat Daun Binahong, Antibiotik Alami yang Ampuh

3. Antibiotik alami

Penelitian di laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak sirsak bisa membunuh beberapa jenis bakteri. Beberapa bakteri yang efektif dibunuh adalah bakteri penyebab gigi berlubang dan gingivitis, bakteri penyebab kolera, dan Staphylococcus.

4. Menjaga tekanan darah

Konsumsi sirsak mampu memenuhi sepertiga kebutuhan potasium harian. Potasium adalah mineral penting untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung. Potasium berfungsi untuk mengurangi kelebihan garam di dalam darah dan merelaksasi pembuluh darah.

5. Melancarkan sistem pencernaan

Konsumsi sirsak secara rutin baik untuk sistem pencernaan karena kandungan serat yang tinggi. Selain itu, sirsak juga berfungsi sebagai diuretik yang mampu mengeluarkan sodium berlebih di dalam tubuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com