Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pil Covid Pfizer Versi Obat Generik Akan Diproduksi untuk 95 Negara

Kompas.com - 18/11/2021, 10:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber Reuters


KOMPAS.com - Pil Covid yang dikembangkan Pfizer menjadi salah satu terapi pengobatan Covid-19 yang akan membantu dunia mengatasi pandemi. Pfizer pun telah mengizinkan obat Covid-19 miliknya itu untuk diproduksi versi generik.

Pil Covid Pfizer versi generik tersebut rencananya akan dipasok di 95 negara berpenghaslan rendah hingga menengah.

Nantinya, produksi pil Covid Pfizer ini akan melalui perjanjian lisensi dengan kelompok kesehatan masyarakat internasional, Medicines Patent Pool (MPP).

Dilansir dari Reuters, Rabu (17/11/2021), dengan perjanjian lisensi sukarela antara Pfizer dan MPP ini akan memungkinkan kelompok yang didukung PBB untuk memberikan sub-lisensi kepada produsen obat generik yang memenuhi syarat untuk membuat pil Covid PF-07321332 versi mereka sendiri.

Badan amal medis Medecins Sans Frontieres mengatakan bahwa mereka 'berkecil hati' dengan kesepakatan tersebut. Sebab, perjanjian itu mengecualikan negara-negara seperti Argentina dan China yang memiliki kapasitas mapan untuk memproduksi obat generik.

"Dunia sekarang tahu bahwa akses ke alat medis Covid-19 perlu dijamin untuk semua orang, di mana saja, jika kita benar-benar ingin mengendalikan pandemi ini," kata Yuanqiong Hu, Penasihat Kebijakan Hukum Senior MSF.

Baca juga: Pil Covid-19 Pfizer akan Ajukan Penggunaan Darurat, Obat Covid-19 Lainnya Masuk Uji Klinis

 

Sebelum mengembangkan pil Covid-19, Pfizer bersama mitranya dari Jerman, BioNTech telah mengembangkan vaksin Covid-19 yang paling banyak digunakan di dunia.

Sementara itu, pil Covid-19 yang dikembangkannya kali ini, diharapkan dapat menjadi obat Covid-19 sebagai perawatan untuk mengurangi kemungkinan rawat inap maupun kematian akibar Covid-19 pada orang dewasa yang memiliki risiko penyakit parah.

Pil Covid Pfizer, dalam uji klinis yang telah dilakukan, dilaporkan dapat mengurangi risiko keparahan hingga kematian akibat Covid-18 hingga 89 persen.

Obat Covid-19 tersebut nantinya akan digunakan dalam kombinasi dengan ritonavir, yakni obat HIV yang sudah tersedia secara umum.

Bantu masyarakat dunia menjangkau obat Covid-19 

Adapun kesepakatan lisensi produksi pil Covid-19 Pfizer akan mengikuti pengaturan serupa oleh pesaingnya, Merck & Co untuk membuat obat Covid versi generik.

Baca juga: Pil Covid Merck Molnupiravir Disetujui Digunakan di Inggris, Apa Manfaatnya?

Halaman:
Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com