Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/11/2021, 12:32 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

 

KOMPAS.com – Ular air adalah ular tidak berbisa yang, sesuai dengan namanya, senang menghabiskan waktu di dalam atau di sekitar air.

Ular air sering disalahartikan dengan ular moccasin air atau cottonmouths yang berbisa. Hal ini telah menyebabkan banyak kematian ular air yang tidak berbahaya.

Ular air dan moccasir air berasal dari keluarga yang berbeda, namun tampak sangat mirip. Bill Heyborne, herpetologis dan profesor biologi di Southern Utah University mengatakan, kemiripan itu mungkin merupakan adaptasi evolusioner dari ular air.

Jenis-jenis ular air

Dilansir dari Live Science, berikut adalah jenis-jenis ular air yang umum ditemui:

1. Ular air utara

Ular air utara (Nerodia sipedon) adalah salah satu jenis ular air yang paling umum. Mereka adalah kelompok ular air terbesar dengan betinanya memiliki panjang 1,5 meter.

Baca juga: 4 Jenis Ular Berbisa Selain Kobra

Ular air utara banyak ditemukan di Amerika Serikat timur laut, Ontario, Mississippi, Georgia, hingga Kansas.

Seperti mokasin air, ular air utara memiliki warna coklat atau abu-abu. Bedanya, ular ini memilki bercak gelap yang tampak menyatu.

2. Ular air berpita

Ular air berpita (Nerodia fasciata) banyak yang hidup di pesisir Tenggara Amerika Serikat, dari Alabama hingga Carolina Utara.

Ular ini berwarna kemerahan atau coklat muda hingga hitam dan memiliki garis melintang berwarna gelap.

Seiring bertambahnya usia, ular air berpita menjadi semakin gelap. Ciri khas jenis ular air ini adalah adanya tanda persegi di sisi perutnya.

Baca juga: Jenis-jenis Ular Anaconda di Dunia

3. Ular air coklat

Seperti ular air berpitar, ular air coklat ditemukan di sepanjang dataran pantai Tenggara Amerika Serikat, dari Carolina hingga Alabama.

Mereka bisa tumbuh menjadi ular besar yang panjangnya mencapai 1,5 meter untuk betina dan 76 cm untuk jantan.

Ular air coklat memiliki kepala lebar yang khas yang menyerupai bentuk berlian jika dilihat dari atas. Tampilan fisik ular air coklat sekilas tampak seperti moccasin air dan ular derik.

4. Ular air perut kuning

Ular air perut kuning (Nerodia erythrogaster flavigaster) adalah subspesies dari ular air utara yang memiliki ciri berupa tanda di perut.

Ular air ini juga memiliki punggung yang gelap dan jarang berpola. Biasanya, ular air perut kuning yang masih muda memiliki pola khas pada tubuhnya.

Baca juga: Jenis-jenis Ular Kobra di Dunia

5. Ular air perut merah

Ular air perut merah (Nerodia erythogaster erythogaster) adalah subspesies lain dari ular air perut polos.

Sesuai dengan namanya, ular ini memiliki tubuh dengan bagian bawahnya berwarna merah. Mereka juga memiliki punggung coklat atau abu-abu yang sebagian besar tidak berpola.

Tidak seperti ular air lainnya, ular air perut merah lebih banyak menghabiskan waktu mereka di darat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com