Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Kamar Kos Penuh Sampah Disebut Netizen Hoarding Disorder, Apa Itu?

Kompas.com - 06/11/2021, 16:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Viral di media sosial, sebuah kamar kos penuh dengan sampah. Netizen pun ramai membicarakan kondisi kejiwaan penghuninya yang mereka sebut mengidap hoarding disorder.

Lantas, apa itu hoarding disorder?

Video yang memperlihatkan kamar indekos dipenuhi dengan sampah dan barang-barang tidak berguna lainnya, menjadi viral dan diperbincangkan netizen belum lama ini.

Namun, perilaku mengumpulkan sampah seperti ini, seringkali juga muncul di luar negeri.

Gangguan penimbunan atau hoarding disorder adalah perasaan seseorang yang sulit untuk membuang atau berpisah dengan harta benda karena kebutuhan yang dirasakan untuk menyelamatkan mereka.

Dikutip Kompas.com dari Mayo Clinic, Sabtu (6/11/2021), seseorang dengan gangguan hoarding disorder ini cenderung kesulitan memikirkan untuk menyingkirkan barang-barang yang ditimbunnya.

Penimbunan sering kali menciptakan kondisi hidup yang sempit, sehingga rumah atau ruangan seperti kamar dapat semakin terisi penuh dengan sampah atau barang-barang yang mungkin sebenarnya tidak berguna, namun tetap disimpan pemiliknya.

Baca juga: Sampah Plastik Bikin Pantai Lebih Panas di Siang Hari, Makin Dingin saat Malam

 

Seperti kondisi yang tampak di video viral kamar kos penuh sampah yang diunggah di media sosial, tumpukan barang memenuhi kamar bahkan mempersempit tempat tidur dari pemilik kamar yang dinilai netizen memiliki gangguan hoarding disorder.

Biasanya, jika seseorang telah memenuhi seluruh ruangan dengan banyak tumpukan sampah atau barang, maka ia akan membuat timbunan atau tumpukan sampah lainnya di halaman, garasi atau ruang yang masih kosong lainnya.

Dalam beberapa kasus orang dengan hoarding disorder ini, biasanya gejalanya berkisar antara ringan hingga berat.

Bahkan, mungkin dalam beberapa kasus hoarding disorder ini, penimbunan yang dilakukan mungkin tidak berdampak banyak pada hidup mereka yang mengalaminya.

Namun, tak sedikit kasus gangguan penimbunan ini yang sangat mempengaruhi kehidupan sehari-hari.

Orang dengan gangguan hoarding disorder, seperti yang tampak pada video viral di media sosial Instagram belum lama ini, mungkin tidak melihatnya sebagai masalah, sehingga membuat pengobatan menjadi sulit.

Baca juga: Masalah Sampah Indonesia Ancam Target Nol Emisi, Kok Bisa?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com