Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Pil Molnupiravir Merck, Sharp & Dohme (MSD) yang Digunakan sebagai Obat Covid-19 di Inggris?

Kompas.com - 05/11/2021, 13:30 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Regulator Inggris akhirnya beri lampu hijau untuk penggunaan pil molnupiravir Merck, Sharp & Dohme (MSD) sebagai obat untuk perawatan pasien Covid-19.

Badan Pengatur Obat dan Produk Kesehatan Inggris (MHRA) telah menyetujui penggunaan obat molnupiravir buatan Merck, Sharp & Dohme (MSD) tersebut pada Kamis (4/11/2021).

Lantas, apa itu obat molnupiravir?

Obat molnupiravir adalah obat antivirus atau obat antivirus yang diminum, menurut Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt, seperti diberitakan Kompas.com, Selasa (5/10/2021).

"Molnupiravir obat antivirus yang dulunya dikembangkan oleh Emory University. Itu mereka sebetulnya mau mencari obat untuk ensefalatis virus (kondisi peradangan otak yang disebabkan virus, red)," kata Zullies.

Saat obat antivirus molnupiravir ini dikembangkan, kemudian pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia, obat yang tadinya dikembangkan untuk obat ensefalitis itu diramu lagi untuk diujikan ke virus corona SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19.

Baca juga: Pil Covid Merck Molnupiravir Disetujui Digunakan di Inggris, Apa Manfaatnya?

Pengembangan pil molnupiravir oleh Emory University ini juga turut terlibat perusahaan farmasi Merck, Sharp & Dohme (MSD), serta Ridgeback Biotherapeutics, yang dimulai dari uji klinis 1, 2, dan 3.

"Kemudian (obat molnupiravir) diujikan ke SARS-CoV-2 dan ada potensi secara in vitro dan in vivo," jelas Zullies.

Cara kerja pil molnupiravir Merck, Sharp & Dohme (MSD)

Zullies mengatakan bahwa cara kerja obat molnupiravir ini sama seperti obat antivirus favipiravir.

"Obat ini sendiri cara kerjanya menghambat reproduksi virus. Sebenarnya kalau secara spesifik sangat mirip dengan (obat) favipiravir karena (obat) bekerjanya di satu enzim yang namanya RNA-dependent RNA polymerase," papar Zullies.

Dikutip dari pemberitaan Kompas.com, Jumat (5/11/2021), MHRA mengatakan bahwa uji coba pil Covid Merck, Sharp & Dohme (MSD) molnupiravir ini aman dan efektif.

Baca juga: Merck, Sharp & Dohme Ajukan Izin Darurat Obat Covid-19 Molnupiravir

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com