Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/11/2021, 08:31 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Ketika kita bertamasya ke pantai, kita akan merasakan sejuknya angin laut, terutama pada sore hari. Namun, apa itu angin laut dan bagaimana terbentuknya?

Angin laut adalah sirkulasi angin yang terbentuk di daerah pantai ketika adanya perbedaan besar antara suhu udara di darat dan suhu udara di atas air, dilansir dari Mental Foss, Sabtu (20/10/2021).

Hal ini terjadi karena tanah memiliki sifat untuk memanas secara lebih cepat daripada air, sehingga pada umumnya terdapat perbedaan suhu yang besar antara kedua unsur tersebut.

Adapun proses terjadinya angin laut dimulai saat udara hangat dan tidak stabil di atas daratan mulai naik.

Naiknya udara ini mampu menciptakan area kecil dengan tekanan udara yang lebih rendah di permukaan tanah.

Baca juga: Pengertian Angin Darat dan Angin Laut

 

Oleh sebab itu, muncul tindakan penyeimbangan alam melalui udara yang lebih dingin di atas lautan mulai mengalir menuju daratan. Atau dengan kata lain, angin dari laut bertiup ke daratan.

Tujuannya adalah untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh udara yang naik dan menciptakan sirkulasi udara di siang hari.

Selanjutnya, saat udara dingin yang tersisa di atas air mulai tumpah ke daratan, kelembapan udara akan naik sedikit, meskipun suhu udara menjadi turun sebanyak minus 12,2 derajat Celsius hingga minus 9,4 derajat Celsius untuk melewatinya.

Kendati berasal dari laut, kita tidak harus berada di pantai untuk dapat merasakan angin laut, karena angin laut dapat berhembus sejauh 80,4 km ke daratan di beberapa lokasi.

Baca juga: Sains Jelaskan Mengapa Angin yang Bertiup Terasa Dingin?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com