Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanna Kirana Meninggal Gagal Jantung, Ketahui 4 Jenis Gagal Jantung dan Cara Mencegahnya

Kompas.com - 03/11/2021, 11:30 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air. Artis sinetron pemeran Zahra dalam sinetron Suara Hati istri meninggal dunia pada Selasa (2/11/2021).

Telah diberitakan Kompas.com sebelumnya, kabar tersebut dibenarkan oleh kerabat dekat Hanna, Icha, yang mengatakan bahwa Hanna mengembuskan napas terakhir pada pukul 21.00 WIB.

"Iya, betul (Hanna meninggal dunia). Ini info dari ayahnya langsung. Sekitar jam 21.00 WIB tadi," kata Icha saat dihubungi Kompas.com, Rabu (3/11/2021).

Baca juga: Hanna Kirana Meninggal karena Gagal Jantung, Kenali Gejala hingga Penyebabnya

Icha menambahkan, Hanna meninggal karena gagal jantung.

“Info dari ayahnya, Hanna gagal jantung. Dia sebenarnya sakit, tapi enggak pernah beritahu orangtua," tutur Icha.

Apa itu gagal jantung?

Gagal jantung ditandai dengan ketidakmampuan jantung untuk memompa suplai darah yang cukup ke tubuh.

Tanpa aliran darah yang cukup, semua fungsi utama tubuh akan terganggu. Gagal jantung adalah suatu kondisi atau kumpulan gejala yang melemahkan jantung Anda.

Melansir Healthline, pada beberapa orang dengan gagal jantung, jantung mengalami kesulitan memompa cukup darah untuk mendukung organ lain dalam tubuh.

Sementara sebagian orang lainnya mungkin mengalami pengerasan dan kekakuan otot jantung itu sendiri, yang menghalangi atau mengurangi aliran darah ke jantung.

Gagal jantung dapat memengaruhi sisi kanan atau kiri jantung Anda atau keduanya secara bersamaan. Ini bisa berupa kondisi akut (jangka pendek) atau kronis (berkelanjutan).

Pada gagal jantung akut, gejalanya muncul tiba-tiba tetapi hilang dengan cukup cepat. Kondisi ini sering terjadi setelah serangan jantung. Ini juga mungkin akibat dari masalah dengan katup jantung yang mengontrol aliran darah di jantung.

Namun, pada gagal jantung kronis, gejalanya terus menerus dan tidak membaik seiring waktu. Sebagian besar kasus gagal jantung bersifat kronis.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), wanita lebih mungkin meninggal karena gagal jantung ketika kondisinya tidak diobati.

Gagal jantung adalah kondisi medis serius yang memerlukan perawatan. Perawatan dini meningkatkan peluang Anda untuk pemulihan jangka panjang dengan komplikasi yang lebih sedikit.

4 Jenis gagal jantung

Gagal jantung dapat terjadi di sisi kiri atau kanan jantung Anda. Mungkin juga terjadi di kedua sisi jantung Anda pada saat yang bersamaan. Gagal jantung juga diklasifikasikan sebagai diastolik atau sistolik.

Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Gagal jantung sisi kiri

Gagal jantung sisi kiri adalah jenis gagal jantung yang paling umum.

Ventrikel jantung kiri terletak di sisi kiri bawah jantung Anda. Area ini memompa darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh Anda.

Gagal jantung sisi kiri terjadi ketika ventrikel kiri tidak memompa darah secara efisien. Ini mencegah tubuh Anda mendapatkan cukup darah yang kaya oksigen. Darah kembali ke paru-paru Anda, yang menyebabkan sesak napas dan penumpukan cairan.

2. Gagal jantung sisi kanan

Ventrikel jantung kanan bertanggung jawab untuk memompa darah ke paru-paru Anda untuk mengumpulkan oksigen. Gagal jantung sisi kanan terjadi ketika sisi kanan jantung Anda tidak dapat melakukan tugasnya secara efektif.

Biasanya dipicu oleh gagal jantung sisi kiri. Akumulasi darah di paru-paru yang disebabkan oleh gagal jantung sisi kiri membuat ventrikel kanan bekerja lebih keras. Ini dapat menekan sisi kanan jantung dan menyebabkannya gagal.

Gagal jantung sisi kanan juga dapat terjadi sebagai akibat dari kondisi lain, seperti penyakit paru-paru.

Gagal jantung sisi kanan biasanya ditandai dengan pembengkakan pada ekstremitas bawah. Pembengkakan ini disebabkan oleh cadangan cairan di kaki, kaki, dan perut.

3. Gagal jantung diastolik

Gagal jantung diastolik terjadi ketika otot jantung menjadi lebih kaku dari biasanya. Kekakuan, yang biasanya disebabkan oleh penyakit jantung, berarti jantung Anda tidak mudah terisi darah.

Ini dikenal sebagai disfungsi diastolik. Ini menyebabkan kurangnya aliran darah ke seluruh organ dalam tubuh Anda.

Gagal jantung diastolik lebih sering terjadi pada wanita daripada pria.

4. Gagal jantung sistolik

Gagal jantung sistolik terjadi ketika otot jantung kehilangan kemampuannya untuk berkontraksi. Kontraksi jantung diperlukan untuk memompa darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh.

Masalah ini dikenal sebagai disfungsi sistolik, dan biasanya berkembang ketika jantung Anda lemah dan membesar.

Gagal jantung sistolik lebih sering terjadi pada pria daripada wanita.

Baik gagal jantung diastolik maupun sistolik, dapat terjadi pada sisi kiri atau kanan jantung. Anda mungkin memiliki salah satu kondisi di kedua sisi jantung.

Baca juga: Hanna Kirana Meninggal karena Gagal Jantung, Ini Tips Menghindarinya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com