Peneliti Temukan Spesies Lemur yang Bisa Bernyanyi

Kompas.com - 31/10/2021, 17:30 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Lemur adalah salah satu hewan dari ordo primata yang biasa hidup di Madagaskar, Afrika. Peneliti baru-baru ini mengungkap kemampuan dari spesies lemur yang bisa bernyanyi dengan irama atau ritme.

Spesies tersebut bernama indri indri, yaitu spesies lemur yang hidup di Madagaskar.

Dilansir dari CNN, Senin (25/10/2021) menurut studi yang terbit di Current Biology tahun 2021, indri indri adalah salah satu dari sedikit spesies hewan yang memiliki irama.

Peneliti dari department of life sciences and systems biology di University of Turin Italia, Chiara De Gregorio mengungkap, indri indri adalah spesies lemur hidup terbesar dan satu-satunya yang dapat bernyanyi.

Baca juga: Lemur Raksasa Setinggi Manusia Hidup di Madagaskar 1.400 Tahun Lalu

Hal ini menjadikannya sempurna untuk dipelajari, serta peneliti dapat mengamati apakah hewan ini memiliki irama saat bernyanyi.

De Gregorio mendefinisikan irama sebagai pola durasi yang terdiri dari suara dan keheningan. Nyanyian indri indri terdengar seperti nada melolong yang lebih rendah atau lebih tinggi yang menembus udara.

Para peneliti ingin melihat apakah lemur hitam putih memiliki ritme kategoris, yaitu kemampuan untuk menciptakan berbagai jenis pola ritme.

Setelah 12 tahun penelitian, para ilmuwan menganalisis 636 rekaman vokalisasi dari 39 indri indri dewasa. Kemudian menemukan, bahwa lemur yang bisa bernyanyi ini memiliki dua pola ritme yang berbeda dengan manusia.

Ritme pertama menurut De Gregorio adalah isochrony, yaitu ketika interval antar nada diberi jarak yang sama.

Tim peneliti menemukan lemur juga bernyanyi dalam pola rasio 1:2, yaitu ketika interval kedua dua kali lebih lama dari yang pertama.

Ritme kedua, dikatakan peneliti, yakni pola interval yang dapat ditemukan dalam intro lagu "We Will Rock You" milik band Queen.

Analisis lebih lanjut menemukan, bahwa indri indri jantan menahan nada mereka lebih lama, dan bernyanyi dengan durasi lebih lama di antara nada nyanyian daripada indri indri betina.

Bagi lemur, bernyanyi membutuhkan banyak energi, sehingga interval yang diperpanjang memungkinkan lemur jantan bernyanyi untuk waktu yang lebih lama.