Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa di Laut Mati Bisa Mengapung? Ternyata ini Penjelasan Ilmiahnya

Kompas.com - 19/10/2021, 18:31 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

Sumber Dead Sea

KOMPAS.comLaut Mati atau Laut Asin adalah danau luas yang terbentang di antara 3 negara. Bagian timur merupakan wilayah Yordania, bagian selatan merupakan wilayah Israel, dan bagian Utara adalah wilayah Palestina.

Semua air yang mengalir ke Laut Mati berasal dari Sungai Yordania. Laut Mati adalah permukaan air yang paling rendah di permukaan Bumi. Lokasinya berada 400 meter di bawah permukaan air laut.

Uniknya, orang yang berenang di Laut Mati tidak akan tenggelam dan hanya mengambang do permukaan. Kenapa di Laut Mati bisa mengapung?

Kenapa di Laut Mati bisa mengapung?

Dilansir dari situs resmi Dead Sea, terdapat penjelasan ilmiah mengapa manusia tidak akan tenggelam di Laut Mati.

Air di Laut Mati adalah air yang paling asin di seluruh Bumi. Konsentrasi garam di sana mencapai 34 persen. Konsentrasi ini menyebabkan air di Laut Mati memiliki densitas atau kepadatan lebih tinggi dibandingkan air biasa.

Tubuh manusia memiliki kepadatan yang lebih rendah dibandingkan kepadatan air di Laut Mati. Oleh karena itu, Anda akan mengambang di permukaan air Laut Mati.

Sebagai perbandingan, di air biasa, tubuh kita tidak mengambang sama sekali. Contohnya di air terjun dan kolam renang. Namun, di lautan, kita akan merasa sedikit mengambang karena lautan memiliki konsentrasi garam yang rendah.

Semakin tinggi konsentrasi garam suatu air, seperti di Laut Mati, maka akan membuat objek apapun mengambang. Namun, dengan syarat densitas objek tersebut lebih rendah dari densitas air Laut Mati.

Baca juga: Mengapa “Laut Mati” di China Ini Tiba-tiba Berwarna-warni?

Seperti apa rasanya mengapung di air Laut Mati?

Sesaat Anda memasukkan kaki Anda ke dalam air di sana, Anda akan merasa seolah-olah Anda di dorong ke atas. Semakin Anda mencoba untuk memasukkan badan Anda ke dalam air, badan Anda akan semakin terasa ringan seperti pelampung.

Namun, berhati-hati jika Anda ingin berenang di sana. Jangan berenang di Laut Mati jika Anda habis bercukur atau memiliki luka yang masih basah. Selain itu, jangan coba-coba mencelupkan kepala dan wajah Anda ke dalam airnya, ya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dead Sea
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com