Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian dan Alat Perkembangbiakan Generatif

Kompas.com - 08/10/2021, 21:02 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com – Perkembangbiakan makhluk hidup terjadi melalui dua cara, yakni perkembangbiakan vegetatif dan perkembangbiakan generatif.

Keduanya memiliki perbedaan yang mendasar. Perkembangbiakan vegetatif dilakukan dengan cara tidak kawin, sedangkan perkembangbiakan generatif dilakukan dengan cara kawin.

Dilansir dari Sumber Belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah pengertian dan alat perkembangbiakan generatif.

Pengertian perkembangbiakan generatif

Perkembangbiakan generatif adalah perkembangbiakan yang didahului dengan meleburnya dua gamet (sel kelamin), yakni gamet jantan (sperma) dan gamet betina (ovum).

Proses peleburan gamet jantan dan betina akan membentuk zigot dan disebut pembuahan atau fertilisasi.

Baca juga: Tujuan Perkembangbiakan Makhluk Hidup dan Jenisnya

Gamet jantan pada tumbuhan berbiji dihasilkan oleh alat perkembangbiakan jantan yang disebut benang sari, sedangkan gamet betina dihasilkan oeh alat perkembangbiakan betina yang disebut putik.

Pada tanaman, manfaat perkembangbiakan generatif adalah tanaman baru yang dihasilkan memiliki akar yang kuat. Selain itu, umur tanaman juga bisa lebih lama.

Alat perkembangbiakan generatif

Bunga merupakan alat perkembangbiakan bagi tumbuhan berbiji. Bentuk, warna, dan ukuran bunga memang beragam, namun mereka memiliki bagian tertentu yang sama.

Bagian-bagian bunga tersebut adalah tangkai bunga, dasar bunga, kelopak bunga, mahkota bunga, putik, dan benang sari.

Putik memiliki kepala putik dan bakal buah, sedangkan benang sari memiliki kepala sari dan tangkai sari.

Baca juga: Macam-macam Jaringan pada Tumbuhan

Bunga yang memiliki bagian-bagian tersebut disebut sebagai bunga lengkap, contohnya adalah bunga mawar dan bunga melati.

Sebagaimana yang telah disebutkan, putik dan benang sari adalah bagian bunga yang berperan sebagai alat perkembangbiakan generatif.

1. Putik

Putik adalah alat perkembangbiakan betina yang terletak pada lingkaran terdalam dari bunga dan dikelilingi oleh benang sari.

Putik terdiri dari kepala putik, tangkai putik, bakal buah, dan bakal biji. Di dalam bakal biji, terdapat kantung yang berisi beberapa sel.

Salah satu sel di antara kandung tersebut adalah sel telur atau ovum yang nantinya akan dibuahi oleh sperma.

Baca juga: Sistem Gerak pada Tumbuhan dan Macam-Macamnya

2. Benang sari

Benang sari adalah alat perkembangbiakan jantan. Benang sari terdiri dari tangkai sari dan kepala sari.

Kepala sari memiliki empat kantong sari (lokulus). Serbuk sari terbentuk di dalam kantong sari. Jika telah masak, kepala sari pecah dan serbuk sari akan keluar.

Pada bunga dari tanaman tertentu, seperti jagung, putik dan benang sari terdapat pada bunga yang berbeda.

Bunga jagung memiliki bunga betina yang terletak di bagian ketiak daun, sedangkan bunga jantannya terletak pada ujung batang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com