Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/10/2021, 17:32 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com – Umumnya, hewan berkembang biak dengan cara bertelur atau melahirkan. Misalnya, kucing melahirkan dan burung bertelur.

Namun, ada pula hewan-hewan yang berkembang biak dengan cara yang unik, yakni dengan bertelur dan melahirkan.

Hewan yang bertelur dan melahirkan disebut juga hewan ovovivipar. Dilansir dari Animal Wised, berikut adalah pengertian dan contoh hewan ovovivipar.

Pengertian hewan ovovivipar

Hewan ovipar, seperti burung dan kebanyakan reptil, berkembang biak dengan cara bertelur.
Setelah telur keluar dari tubuh betina, telur tersebut akan melalui masa inkubasi hingga menetas dan menjadi individu yang baru.

Pada hewan vivipar, yang merupakan mayoritas mamalia, embrio berkembang di dalam rahim betina selama beberapa waktu hingga tiba masanya untuk betina melahirkan.

Baca juga: 3 Manfaat Energi Matahari bagi Hewan

Sementara itu, hewan ovovivipar menyimpan telur di dalam tubuh betina. Telur tersebut akan menetas di dalam dan betina akan melahirkan bayinya yang telah menetas tersebut.

Beberapa contoh hewan ovovivipar adalah platipus, kuda laut, hiu putih, vipera aspis, dan cacing lamban.

Misalnya, hiu jantan memasukan claspernya ke dalam betina dan melepaskan sperma. Telur dibuahi saat berada di saluran telur dan melanjutkan pertumbuhannya.

Ketika telur menetas, bayi hiu tetap berada di saluran telur hiu betina dan terus berkembang hingga mereka cukup dewasa untuk lahir dan bertahan hidup di lingkungan luar.

Baca juga: 5 Manfaat Air Bagi Hewan

Dilansir dari ThoughtCo, hewan ovovivipar tidak mempunyai tali pusar yang menghubungkan embrio dengan induknya, juga tidak mempunyai plasenta yang menyediakan makanan, oksigen, dan pertukaran limbah.

Namun, beberapa hewan ovovivipar, memberikan pertukaran gas dengan telur yang sedang berkembang di dalam rahim. Dalam kasus seperti ini, kantung telur hanya sebuah membran yang sangat tipis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com