Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/10/2021, 13:30 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

Sumber Space,Inverse

KOMPAS.comHujan meteor Draconid adalah hujan meteor yang bisa kamu amati 6 Oktober sampai 10 Oktober mendatang. Kamu bisa mengamati puncaknya pada 8 Oktober 2021. Tahukah kamu bahwa hujan meteor Draconid terjadi setiap tahun?

Hujan meteor Draconid

Hujan meteor Draconid terjadi setiap tahun pada 6 Oktober sampai 10 Oktober. Hujan meteor adalah fenomena alam yang bisa kamu amati tanpa harus menggunakan alat bantu seperti teleskop.

Hujan meteor Draconid terjadi ketika orbit Bumi melewati debris dari komet 21P atau yang disebut juga komet Giacobini Zinner.

Tempat paling terang untuk mengamati hujan meteor Draconid adalah pada kepala konstelasi bintang Draco. Kamu bisa mengamati Draco di langit utara di samping Ursa Mayor.

Hujan meteor Draconid pernah mencapai puncaknya pada tahun 1933 dan 1946. Pada kedua tahun itu, jumlah meteor yang bisa diamati mencapai 500 Draconids per menit.

Sedangkan pada banyak tahun, jumlah meteor yang bisa diamati tidak terlalu banyak, yaitu hanya sekitar lima meteor per jam.

Baca juga: Fenomena Langit Oktober 2021: 4 Puncak Hujan Meteor dari Draconid hingga Orionid

Cara mengamati hujan meteor Draconid

Dilansir dari Space, hujan meteor tahun ini tidak terlalu banyak seperti yang terjadi pada tahun 1933 dan 1946. Jadi, jangan berharap terlalu banyak untuk melihat hujan meteor yang intens.

Namun, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mengamati hujan meteor Draconids:

  1. Kebanyakan hujan meteor paling baik dilihat pada dini hari. Berbeda dengan hujan meteor Draconid yang paling mudah diamati ketika awal malam, sekitar jam 8 malam
  2. Pilih saat puncak hujan meteor Draconid, pada 8 Oktober. Namun biasanya hujan meteor juga mudah diamati pada 7 dan 9 Oktober
  3. Pilih tempat yang jauh dari polusi cahaya seperti lampu jalan atau lampu dari rumah. Kamu bisa pergi ke atas bukit atau mengamatinya dari atas atap
  4. Hindari melihat cahaya yang terang seperti alat elektronik atau cahaya lampu yang terang sekitar 30 menit sebelum mengamati hujan meteor. Ini akan membantu mata untuk beradaptasi mengamati gelapnya langit malam
  5. Gunakan aplikasi ponsel peta bintang untuk mencari posisi Ursa Mayor dan amati di sekitarnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Space,Inverse
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com