Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/09/2021, 11:32 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Jahe merah adalah herbal yang banyak tumbuh di Indonesia dan Malaysia, namun sudah mulai dibudidayakan di berbagai negara.

Jahe merah sebenarnya masih satu famili dengan jahe biasa, namun memiliki kandungan minyak atsiri yang lebih banyak. Ini membuat jahe merah memiliki aroma dan rasa yang lebih tajam dari jahe biasa.

Jahe merah merupakan herbal yang terbukti memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, namun dengan efek samping yang sangat minim.

Khasiat jahe merah

1. Menurunkan berat badan

Jahe merah bisa digunakan untuk membantu menurunkan berat badan. Jahe merah membuat tubuh lebih hangat dan bisa membantu membakar lemak untuk menurunkan berat badan.

2. Baik untuk kesehatan jantung

Jahe merah bisa membuat jantung lebih sehat dengan cara membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida di dalam tubuh.

3. Meredakan mual pada ibu hamil

Mual pada ibu hamil disebut juga dengan morning sickness. Biasanya gejala ini muncul pada trimester pertama. Meminum secangkir air jahe merah mampu meredakan mual saat hamil.

Baca juga: Ahli Sebut Jahe Merah Tak Sembuhkan Covid-19

4. Mengobati masalah pencernaan

Sejak dahulu, jahe merah dipercaya mampu menyembuhkan berbagai masalah pencernaan.

5. Meredakan sakit kepala

Rasa dan efek hangat yang ditimbulkan jahe merah akan membantu seseorang merasa lebih relaks dan nyaman. Ini merupakan salah satu khasiat jahe merah untuk meredakan sakit kepada.

6. Meningkatkan imun tubuh

Meminum air jahe merah secara rutin mampu meningkatkan imun tubuh manusia. Dengan begitu, tubuh akan lebih tahan dan tidak mudah sakit.

7. Meredakan sakit tenggorokan

Rasa hangat yang dihasilkan oleh jahe merah mampu meredakan sakit tenggorokan ketika sedang batuk atau radang tenggorokan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com