Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/09/2021, 20:33 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com – Pare (Momordica charantia) adalah tanaman tropis yang masuk dalam keluarga labu dan terkait dengan mentimun dan zucchini.

Pare memiliki rasa yang pahit, namun umum dikonsumsi, baik mentah maupun dimasak terlebih dahulu.

Tak hanya itu, pare juga mengandung beberapa nutrisi penting. Adapun kandungan nutrisi dalam pare di antaranya adalah kalori, karbohidrat, serat, vitamin C, vitamin A, folat, kalium, zinc, dan zat besi.

Nutrisi yang dominan dalam pare adalah vitamin C. Mikronutrien ini penting untuk mencegah penyakit, pembentukan tulang, dan penyembuhan luka.

Kemudian, vitamin A dalam pare juga cukup tinggi. Vitamin A mampu meningkatkan kesehatan kulit dan penglihatan.

Baca juga: 5 Khasiat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Khasiat pare untuk kesehatan

Dengan berbagai nutrisi yang dimilikinya, pare menawarkan sejumlah manfaat kesehatan. Dilansir dari Healthline, berikut adalah 3 khasiat pare untuk kesehatan:

1. Pare dapat membantu menurunkan gula darah

Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa penelitian telah mengonfirmasi peran buah dalam mengendalikan gula darah.

Sebuah studi yang dilakukan selama tiga bulan dan melibatkan 24 orang dewasa dengan diabetes menunjukkan, mengonsumsi 2.000 mg pare mampu menurunkan gula darah dan hemoglobin A1c.

Studi lain terhadap 40 penderita diabetes menemukan, konsumsi 2.000 mg pare per hari selama empat minggu dapat menurunkan kadar gula darah.

Meski demikian, penelitian pada manusia masih terbatas dan penelitian yang berkualitas tinggi masih dibutuhkan untuk membuktikan efektivitas pare dalam mengatasi diabetes.

Baca juga: 4 Khasiat Pandan untuk Kesehatan

2. Pare dapat menurunkan kolesterol

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa pare dapat menurunkan kadar kolesterol untuk mendukung kesehatan jantung.

Sebuah studi pada tikus mengamati bahwa pemberian ekstrak pare dapat menyebabkan penurunan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat secara signifikan.

Penelitian tentang potensi efek menurunkan kolesterol dari pare masih terbatas pada hewan sehingga studi tambahan masih dibutuhkan.

3. Pare dapat menurunkan berat badan

Pare merupakan makanan yang sangat baik untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, pare mengandung kalori yang rendah dan serat yang tinggi.

Oleh sebab itu, menukar makanan berkalori tinggi dengan pare dapat membantu meningkatkan asupan serat sehingga menguntungkan bagi pembakaran lemak.

Baca juga: 7 Khasiat Temulawak sebagai Obat Tradisional yang Ampuh

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa pare memiliki efek menguntungkan bagi penurunan berat badan.

Namun, perlu diperhatikan bahwa penelitian dilakukan dengan menggunakan suplemen pare dosis tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com