Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obat Herbal Maag, Bantu Redakan Maag dari Rumah

Kompas.com - 22/09/2021, 18:15 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comMaag adalah penyakit radang lambung yang dideteksi dengan gejala lambung terasa perih atau terasa seperti terbakar. Biasanya maag dipicu beberapa hal seperti pola makan yang tidak teratur, makan makanan yang terlalu pedas dan berminyak, makan terlalu pedas, hingga stres.

Obat herbal maag

Dilansir dari Healthline dan NCBI, berikut adalah daftar obat herbal maag yang bisa Anda coba di rumah.

Teh chamomile

Teh chamomile terkenal sebagai herbal yang bisa menurunkan kecemasan dan sebagai obat tidur. Selain itu, teh chamomile terbukti bisa mengurangi kadar asam lambung di saluran pencernaan. Teh chamomile juga memiliki efek antiinflamasi yang bisa mengurangi sakit pada lambung.

Namun, teh chamomile memiliki efek mengencerkan darah. Jika Anda mengonsumsi obat pengencer darah, konsultasikan terlebih dulu dengan dokter Anda jika ingin mengonsumsi teh ini.

Jahe

Jahe adalah salah satu obat herbal maag yang paling manjur. Khasiat jahe sudah terkenal untuk mengatasi masalah pencernaan.

Meminum secangkir air jahe terbukti mampu meredakan sakit maag dan mengurangi gejala yang menyertai seperti perut bergas dan mual.

Baca juga: 7 Makanan yang Aman untuk Penderita Maag

Adas

Adas adalah salah satu rempah yang berkhasiat meredakan maag dan mual yang menyertai. Anda tinggal merebus setengah sendok teh adas dalam secangkir air selama 10 menit.

Serai

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di NCBI, serai mampu mengurangi gejala maag seperti mual. Anda bisa merebus segelas air dengan serai dan meminum airnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com