Mammoth Kelilingi Dunia Dua Kali Selama Hidupnya, Studi Jelaskan

Kompas.com - 12/09/2021, 19:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Mammoth merupakan salah satu penghuni paling terkenal di zaman es terakhir. Kendati kehidupan mereka masih misteri, studi baru ini mengungkap fakta baru tentang perjalanan keliling dunia yang dilakukan mammoth selama hidupnya.

Kehidupan mereka, salah satunya pola pergerakan mammoth masih menjadi misteri. Namun, dalam sebuah studi, peneliti berhasil mengungkapkan bagaimana mereka melakukan perjalanan melintasi tundra.

Peneliti menggunakan komposisi kimia dari gading mamoth berusia 17.100 tahun yang berasal dari Alaska untuk memetakan di mana saja hewan itu berkeliaran selama hidupnya.

Mengutip Scientific American, Minggu (12/9/2021) jutaan gading mammoth yang panjang dan kuat ini dapat ditemukan di Arktik dan Siberia. Kondisinya pun terbilang masih utuh.

Namun tak hanya sekedar peninggalan makhluk di masa lalu saja, gading itu rupanya juga berfungsi sebagai penunjuk waktu.