Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/09/2021, 18:34 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comSendi adalah jaringan yang menghubungkan dua buah tulang pada tubuh manusia. Sendi terdiri dari jaringan yang lebih lunak dari tulang. Beberapa jenisnya bahkan bisa digerakkan.

Berdasarkan kemampuannya untuk digerakkan, sendi terbagi menjadi tiga macam:

Sendi mati

Sendi jenis ini tidak bisa digerakkan dan terbuat dari jaringan fibrosa. Sendi ini menghubungkan kedua tulang yang tidak bergerak. Contohnya, tulang tengkorak. Di tulang tengkorak terdapat sutura.

Sendi kaku

Sendi ini adalah sendi yang menghubungkan dua tulang yang tidak bergerak atau geraknya terbatas. Beberapa jenis sendi kaku adalah sendi tulang belakang dan tulang simfisis pubis pada area panggul.

Tulang tersebut bisa digerakkan walaupun terbatas. Misalnya, simfisis pubis ketika bergerak saat proses melahirkan.

Sendi gerak

Sendi gerak adalah sendi yang memiliki ruang dan kemampuan gerak yang lebih luas dan jaringan fibrosa. Selain itu, terdapat cairan sinovial untuk lebih memudahkan pergerakan.

Baca juga: Penyebab Reumatik, Nyeri Sendi Pada Lutut

Sendi ini paling banyak jenisnya. Berikut jenis-jenis sendi gerak:

1. Sendi peluru

Sendi ini bisa menggerakkan tulang ke segala arah. Bentuk sendinya adalah seperti bola dengan soket. Contoh sendi putar adalah sendi bahu dan sendi pinggul dengan paha.

2. Sendi engsel

Sendi engsel bergerak seperti gerakan pintu yang dibuka tutup. Sendi yang bekerja pada siku dan lutut manusia adalah sendi engsel.

3. Sendi kondiloid atau sendi gulung

Sendi ini menghasilkan gerakan dua sumbu arah, namun tidak bisa berotasi. Contohnya adalah sendi rahang bawah dan sendi diantara tulang jari.

4. Sendi pelana

Sendi pelana adalah sendi yang bisa bergerak ke kanan dan kiri, serta ke depan dan ke belakang. Contoh sendi ini adalah sendi ibu jari.

5. Sendi putar

Sendi ini disebut juga sendi pivot. Karakteristiknya adalah tulang yang lain membentuk cincin pada tulang yang kedua. Gerakan yang bisa dilakukan adalah gerakan rotasi pada tulang ulna dan radius pada lengan.

6. Sendi geser

Sendi ini bisa melakukan gerakan bergeser yang mendatar. Gerakannya terbatas dan ditandai permukaan yang halus dan saling menggeser. Contoh sendi ini adalah pergelangan tangan dan pergelangan kaki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com