Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Nyamuk yang Dianggap Paling Cantik, Namanya Sabethes

Kompas.com - 05/09/2021, 11:02 WIB
Gloria Setyvani Putri

Editor

KOMPAS.com - Ini adalah nyamuk yang dianggap paling cantik di dunia, namanya nyamuk Sabethes. Sayangnya, spesimen ini juga kebetulan merupakan pembawa penyakit tropis.

Kecantikannya tak bisa dipungkiri. Nyamuk betina ini, dengan kakinya yang berbulu dan tubuhnya yang berkilau, benar-benar menakjubkan.

Ini adalah salah satu spesies dari genus Sabethes yang ditemukan di kawasan Amerika Selatan dan Amerika tengah.

Foto di atas diambil oleh Gil Wizen dari Ontario, Kanada.

Baca juga: Mengapa Nyamuk Berdengung di Telinga Kita?

Karyanya mendapat pujian tertinggi dalam kompetisi tahunan fotografi alam, Wildlife Photographer of the Year.

Di laman ini, Anda dapat menikmati beberapa gambar lainnya yang juga mendapat pujian tertinggi dalam kontes bergengsi tersebut.

Gil adalah pakar entomologi terlatih, jadi ia sangat memahami subjek fotonya. Dan untuk mendapatkan jepretan seperti ini, diperlukan banyak perencanaan, kesabaran - dan bahkan sedikit penderitaan.

Ia mengatakan, nyamuk Sabethes sangat lincah dan sulit difoto, terutama dalam keadaan panas dan lembap hutan hujan Amazon di Ekuador, tempat gambar ini diambil.

"Si nyamuk merespons pergerakan sekecil apapun dan perubahan intensitas cahaya," ujarnya.

"Ini berarti Anda harus tidak boleh bergerak sama sekali saat berusaha memotretnya, dan juga siap-siap nyamuknya akan terbang jika Anda menggunakan [lampu] flash. Untungnya, Anda tidak pernah sendirian bersama seekor nyamuk karena biasanya ada puluhan yang terbang di atas kepala Anda."

"Nyamuk-nyamuk ini adalah vektor beberapa penyakit tropis, seperti demam kuning dan demam berdarah dengue. Saat mengambil foto, saya digigit oleh nyamuk ini dan beberapa nyamuk lainnya. Tapi saya masih hidup!"

Perhatikan bagaimana kaki belakang si nyamuk diangkat tinggi-tinggi saat ia menghisap darah dari tangan Gil.

Kaki-kaki itu adalah organ sensori. Si nyamuk harus sangat sadar akan apa yang terjadi di sekitarnya untuk berjaga-jaga kalau ia harus segera melarikan diri.

Dan ada bulu-bulu halus di kaki tengahnya, yang belum jelas apa fungsinya namun kemungkinan besar berperan dalam menarik lawan jenis.

Baca juga: 7 Cara Mengusir Nyamuk Menggunakan Bahan Alami

Terdapat lebih dari 3.300 spesies nyamuk di dunia.

Foto Gil diberi judul Beautiful bloodsucker (si penghisap darah yang cantik).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com