Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Covid-19 Terus Bertambah, Ini 6 Cara Mencegah Infeksi Virus Corona

Kompas.com - 04/09/2021, 09:03 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com -  Kasus Covid-19 di Indonesia, hingga saat ini masih terus bertambah dan seluruh lapisan masyarakat diminta untuk selalu waspada, serta optimal dalam upaya mencegah penularan infeksi virus corona.

Update jumlah pasien Covid-19 di Indonesia oleh Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 hingga hari Kamis (2/9/2021), tercatat ada penambahan jumlah kasus positif virus corona sebanyak 8.955 kasus.

Hingga total keseluruhan kasus Covid-19 di Indonesia menjadi 4.109.093 kasus sejak pertama terkonfirmasi pada 2 Maret 2020 lalu.

Hal ini dianggap mengkhawatirkan karena jumlah pasien meninggal duni akibat infeksi Covid-19 ini juga terus bertambah.

Data update terakhir pada hari yang sama, pasien meninggal dunia akibat infeksi Covid-19 bertambah 680 pasien, hingga totalnya menjadi 134.356 orang.

Melihat kondisi yang semakin mengkhawatirkan ini, para ahli selalu mengingatkan meskipun jenuh dan kesal dengan keadaan saat ini, tetapi mencegah diri dan keluarga dari risiko potensi infeksi Covid-19 ini menjadi suatu hal yang sangat penting dilakukan.

Baca juga: Studi Awal, Vaksin Flu Dapat Kurangi Infeksi Virus Corona Covid-19

 

Lalu, agar kasus Covid-19 tidak terus bertambah, bagaimana cara kita mencegah penularan infeksi virus corona?

Dokter Spesialis Paru, sekaligus anggota Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDI), Dr Catur Elvi mengatakan, pencegahan dari infeksi Covid-19 itu sangat penting dan jelas lebih baik daripada mengobati.

"Jadi, untuk saat ini untuk pencegahan penularan atau transmisi Covid-19 ini sudah sangat sering dijargonkan dan diungkapkan oleh banyak pihak terkait, baik itu peneliti, dokter ahli, tokoh terkait hingga dinas kesehatan dan sosial, dan ini memang sangat penting untuk kita lakukan," kata dia.

Berikut 6 cara mencegah infeksi Covid-19 yang perlu kita lakukan.

1. Mencuci tangan dengan benar

Cara pertama yang disampaikan oleh Catur adalah mencuci tangan dengan benar. Untuk mencuci tangan secara benar itu, kita bisa melakukannya dengan air mengalir dan sabun.

Bila tidak ada air mengalir dengan sabun, maka kita bisa membersihkan tangan kita dengan menggunakan hand sanitizer dan alkohol 65-70 persen.

Ini adalah salah satu cara untuk mencegah infeksi virus corona dan upaya untuk mencegah kasus Covid-19 di Indonesia bertambah dengan cara sederhana.

Baca juga: Efek Infeksi Virus Corona ini Bikin Bingung Dokter, Kok Bisa?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com