Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/09/2021, 21:02 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com – Secara umum, persebaran flora di Indonesia terdiri dari tiga kawasan utama, yakni flora sub-region Indonesia-Malaysia di bagian barat, Kepulauan Wallacea (Sulawesi, Nusa Tenggara, Timor, dan Maluku) di bagian tengah, dan sub-region Australia di bagian Timur.

Secara wilayah, kawasan tumbuhan tersebut dapat dibagi menjadi empat klasifikasi, yakni flora Sumatera-Kalimantan, flora Jawa-Bali, flora Kepulauan Wallacea, dan flora Papua.

Jenis vegetasi yang tersebar di keempat klasifikasi wilayah tersebut terdiri dari vegetasi hutan hujan tropis, hutan musim, hutan pegunungan, sabana tropik, stepa tropik, dan hutan bakau atau mangrove.

Flora Indonesia bagian barat

Bagian barat Indonesia meliputi Pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Dilansir dari buku Uniknya Flora Fauna Indonesia, sebagian besar wilayah Sumatera dan Kalimantan merupakan iklim hujan tropis (tropis basah).

Baca juga: Seri Flora Nusantara: Rhododendron Loerzingii, Pernah Dianggap Punah

Wilayah Indonesia bagian Barat memiliki tingkat kelembapan udara dan curah hujan yang tinggi sepanjang tahun.

Rata-rata suhu udara tahunan di wilayah ini cenderung tinggi. Pada bulan terdingin, suhu udaranya masih di atas 18 derajat celcius.

Oleh sebab itu, vegetasi yang mendominasi Indonesia bagian barat adalah hutan hujan tropis dengan tanaman heterogen dan tingkat kerapatan yang tinggi, hutan muson tropis, sabana tropis, serta hutan bakau.

Untuk hutan hujan tropis, sebagian besarnya tersebar di Jawa Barat, seperti di Ujung Kulon, Cibodas (Bogor), dan Pananjung (Pangandaran).

Adapun wilayah utara Pulau Jawa yang memanjang mulai dari Jawa Barat bagian utara, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur merupakan kawasan hutan muson tropis.

Baca juga: Seri Flora Nusantara: Eulophia Lagaligo, Anggrek Cantik Baru dari Sulawesi

Tumbuhan hutan muson tropis meranggas dan menggugurkan daunnya pada periode musim kemarau yang panjang. Adapun jenis flora khas hutan muson tropis adalah pohon jati.

Sementara itu, jenis vegetasi yang mendominasi wilayah Jawa Timur bagian timur dan Pulau Bali adalah sabana tropis.

Wilayah pegunungan yang cukup tinggi di Jawa maupun Bali ditutupi jenis vegetasi pegunungan, seperti pinus mercussi dan cemara.

Sedangkan wilayah-wilayah pantai tropis di Pulau Jawa dan Bali umumnya ditutupi oleh vegetasi hutan bakau.

Adapun contoh flora Indonesia bagian Barat adalah flora endemik seperti Rafflesia Arnoldi, bunga bangkai Amorphophallus Titanum, flora hutan seperti pohon keruing, meranti, kapur barus, dan rotan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com