Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/09/2021, 12:32 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com – Daerah aliran sungai (DAS) adalah daerah yang dibatasi oleh punggung-punggung gunung dan berfungsi sebagai penampung air hujan untuk dialirkan melalui sungai kecil ke sungai utama.

Setiap daerah aliran sungai memiliki sub DAS. Sub DAS merupakan wilayah kesatuan ekosistem yang terbentuk secara alami, yakni air hujan meresap atau mengalir melalui ranting aliran sungai yang membentuk bagian dari sub DAS.

Bagian hulu daerah aliran sungai merupakan daerah tangkapan air (DAT) atau catchment area yang berperan menyimpan air untuk kelangsung makhluk hidup.

Dilansir dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah Kabupaten Buleleng, daerah tangkapan air adalah kawasan di hulu sungai yang memasok air ke sungai.

Dalam hal ini, sungai dipahami sebagai sistem aliran air, mulai dari mata air hingga muara yang sepanjang alirannya dibatasi oleh garis sempadan.

Baca juga: NASA Potret Sungai Emas di Amazon dari Luar Angkasa, Seperti Apa?

Sementara itu, bagian hilir daerah aliran sungai adalah wilayah daratan yang memiliki ciri-ciri berupa topografi datar hingga landai.

Daerah aliran sungai yang terjaga mampu melindungi pasokan air, menjaga tanah tetap subur, hingga melindungi kawasan hutan di sekitarnya.

Aktivitas seperti penebangan pohon secara liar dan pembuangan sampah di sekitar sungai dapat merusak daerah aliran sungai.

Hal ini akan memengaruhi kesuburan tanah dan mendatangkan masalah bagi makhluk hidup di sekitarnya.

Ada banyak cara untuk memperbaiki serta menjaga daerah aliran sungai untuk mendukung kehidupan yang sehat di masa mendatang.

Baca juga: 85 Persen Habitat Ikan Salmon di Sungai Fraser Hilang, Apa Penyebabnya?

Berikut adalah cara menjaga daerah aliran sungai, dilansir dari laman Hesperian Healths Guides:

1. Memastikan proyek-proyek pengadaan air dan sanitasi dikelola dengan baik dan demi kepentingan lingkungan

2. Selalu menjaga lingkungan hutan

3. Menanam tanaman dengan cara-cara yang berkelanjutan

4. Tidak membuang sampah sembarangan

5. Memastikan pembangunan di sekitar daerah aliran sungai tidak menyebabkan erosi

Baca juga: Es Laut Arktik Terus Mencair, Sungai yang Memanas Disebut Penyebabnya

Dengan melakukan upaya perlindungan daerah aliran sungai, akan tersedia lebih banyak air sehat untuk kelangsungan makhluk hidup.

Hewan ternak di lingkungan daerah aliran sungai lebih sehat dan pertanian atau perkebunan di sekitarnya pun dapat memberikan hasil panen yang lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com