Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER SAINS] Haruskah Kita Mandi Setiap Hari? | Ditemukan Pulau Baru, Paling Utara Bumi

Kompas.com - 31/08/2021, 07:00 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu berita populer Sains Kompas.com edisi Senin (30/8/2021) adalah penjelasan tentang haruskah kita mandi setiap hari. Menurut ahli, sebenarnya tidak masalah kita hanya mandi sehari sekali.

Peneliti juga menemukan kelas planet baru di luar tata surya yang diyakini menyimpan tanda-tanda kehidupan dan memasukkannya ke kategori layak huni. Nama exoplanet yang baru ditemukan ini Hycean.

Sigmund Freud adalah seorang dokter saraf dan psikiatri. Semasa hidupnya, Freud menggagas teori kepribadian untuk psikoanalisis yang dipakai hingga sekarang.

Berita populer lainnya, peneliti telah menemukan pulau paling utara di dunia. Meski belum diberi nama, pulau ini ada di ujung Greenland.

Baca juga: [POPULER SAINS] Apa Luar Angkasa Memiliki Batas? | Cara Kerangka Berusia 7.000 Tahun di Sulawesi Awet

Berikut rangkumannya untuk Anda:

1. Haruskah kita mandi setiap hari?

Mandi adalah kegiatan rutin harian yang tidak bisa ditinggalkan oleh sebagian orang. Namun, siapa sangka ternyata mandi setiap hari tidak diperlukan untuk kesehatan tubuh manusia.

Mengutip Healthline, Minggu (29/8/2021), Derrick Phillips, Konsultan Dermatologis di Cadogan Clinic, London, mengatakan bahwa mandi sekali sehari memiliki manfaat optimal untuk alasan sosial, tetapi tidak untuk kesehatan.

“Mandi sekali sehari sudah cukup bagi sebagian besar anak-anak dan orang dewasa untuk menjaga tingkat kebersihan yang dapat diterima secara sosial,” katanya.

Ketika membicarakan mengenai efek mandi terhadap kesehatan, sebenarnya tubuh manusia memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatannya sendiri. Kulit dapat membersihkan diri dan terkelupas secara alami.

Selengkapnya baca di sini:

Haruskah Kita Mandi Setiap Hari agar Badan Bersih? Ini Kata Ahli

2. Ditemukan exoplanet baru yang punya tanda kehidupan

Perburuan exoplanet atau planet ekstrasurya di luar Tata Surya yang menyimpan kehidupan seperti Bumi, masih terus dilakukan. Kali ini, ditemukan kelas planet baru yang memiliki tanda kehidupan.

Para astronom di University of Cambridge telah menemukan exoplanet yang sangat berbeda dengan planet Bumi yang tinggali. Akan tetapi, planet tersebut disebut dapat mendukung kehidupan.

Selama ini, dalam mencari potensi kehidupan di luar Bumi, para astronom kebanyakan mencari dan mengidentifikasi planet berdasarkan ukuran, massa, suhu dan komposisi atmosfer yang mirip Bumi.

Namun, metode studi yang berbeda mulai diperkenalkan para peneliti planet ekstrasurya di University of Cambridge, yang diklaim akan memberikan pengetahuan yang lebih menjanjikan tentang pencarian kehidupan di luar Bumi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com