Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Latihan Fisik untuk Pasien Covid-19, dari OTG hingga yang Gejala Berat

Kompas.com - 30/08/2021, 10:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ahli mengingatkan agar pasien maupun penyintas Covid-19 harus tetap memperhatikan dan melakukan latihan fisik atau excercise.

Hal ini disampaikan oleh Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, dr Maulana Kurniawan Budi Utama Sp.KFR dalam diskusi daring bertajuk Perubahan Fisiologis Penyintas Covid dan Exercise untuk Improvementnya, Sabtu (28/8/2021).

Maulana mengatakan, latihan fisik bagi pasien dan penyintas Covid-19 sangatlah penting, untuk meminimalisir risiko masalah fisiologis dan masalah kesehatan dalam jangka panjang.

"Excercise (latihan fisik) sangat penting untuk mengurangi efek kelelahan dan sesak napas akibat infeksi Covid-19," kata Maulana.

Baca juga: Penting, 5 Fase Latihan Fisik untuk Pemulihan Penyintas Covid-19

Setiap orang yang sehat sekalipun memiliki kemampuan yang berbeda ketika melakukan latihan fisik. Apalagi, untuk orang-orang yang sedang sakit, termasuk mengidap Covid-19.

Seperti diketahui, orang dengan infeksi Covid-19 memiliki keluhan yang berbeda. Ada yang tidak memiliki gejala sama sekali, ada pula yang bergejala ringan, hingga berat.

"Kita semua itu butuh excercise (latihan fisik), agar bisa menjaga imunitas dan mencegah dampak masalah kesehatan fisiologis lainnya," kata dia.

Pada dasarnya, kata Maulana, setiap pasien terkonfirmasi Covid-19 dari yang tidak bergejala hingga bergejala berat boleh melakukan excercise.

Namun, excercise atau latihan fisik juga harus disesuaikan dengan kondisi fisik atau kemampuan, serta gejala yang dihadapi setiap pasien tersebut.

Maulana berkata, yang terpenting pasien Covid-19 (baik yang tanpa gejala, bergejala ringan, hingga berat) dapat melakukan activity of daily living (ADL) dan latihan pernapasan.

ADL adalah kegiatan melakukan pekerjaan rutin sehari-hari seperti ke toilet, makan, berpakaian (berdandan), mandi, berpindah tempat, berjemur dan lain sebagainya.

Berikut beberapa kondisi pasien Covid-19, dan saran latihan fisik yang bisa dilakukan.

1. Orang tanpa gejala

OTG adalah kategori untuk orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil tes Swab PCR, tetapi tidak memiliki keluhan atau gejala apapun.

Pasien OTG diharuskan untuk melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah, rumah sakit rujukan Covid-19 ataupun di fasilitas isoman yang disediakan oleh pemerintah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com