Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Long Covid, Tantangan Besar Dunia Medis Modern

Kompas.com - 29/08/2021, 18:00 WIB
Gloria Setyvani Putri

Editor

Jurnal Medis: Long COVID, Tantangan Besar Dunia Medis Modern

KOMPAS.com - Menurut sebuah laporan baru yang diterbitkan sebuah jurnal kesehatan terkemuka, gejala yang bertahan setelah seseorang selamat dari virus corona atau Long Covid masih sedikit dipahami oleh kalangan medis.

Jurnal The Lancet menyatakan sindrom itu harus dipelajari dan dipahami oleh kalangan medis agar dapat meluncurkan respons yang tepat untuk apa yang disebut jurnal itu sebagai “tantangan medis modern yang sangat besar.”

Menurut jurnal The Lancet, pemulihan sindrom Long Covid dapat memakan waktu lebih dari satu tahun.

Baca juga: Long Covid Mungkin Dipicu Virus Lain yang Dibangkitkan Lagi dalam Tubuh

Gejala Long Covid bertahan mencakup terus menerus merasa lelah, sesak napas, berkurangnya daya ingat dan depresi.

"Menemukan jawaban bagi misteri Long Covid sambil memberi perawatan penuh perhatian dan multidisiplin akan membutuhkan kecerdasan medis dan ilmiah yang luas,” tulis jurnal itu.

Sementara itu, ratusan ribu orang di AS yang belum mampu membayar sewa rumah mereka selama pandemi menghadapi pengusiran setelah Mahkamah Agung memutuskan tidak akan memperpanjang larangan nasional mengenai pengusiran yang telah diberlakukan selama pandemi. Tiga hakim agung berbeda pendapat dengan putusan itu.

Jen Psaki, sekretaris pers Gedung Putih, mengatakan dalam sebuah pernyataan, “Sebagai akibat putusan ini, keluarga-keluarga akan menghadapi dampak menyakitkan dari pengusiran ini, dan masyarakat di berbagai penjuru negeri akan menghadapi risiko lebih besar terpapar COVID-19.”

Sebelumnya pekan ini, Dirjen WHO Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus, terus memperingatkan mengenai konsekuensi vaksinasi yang tidak merata.

"Sebagian kawasan dan negara terus menghadapi peningkatan tajam kasus dan kematian, sementara yang lainnya menghadapi penurunan,” katanya.

Baca juga: Terinfeksi Corona Setelah Vaksin, Bisakah Gejala Long Covid Muncul?

“Selama virus ini beredar di mana-mana, ini menjadi ancaman di mana-mana.”

Hari Jumat (27/8/2021), kementerian kesehatan India melaporkan 44.658 kasus baru Covid-19 dalam periode 24 jam sebelumnya.

Johns Hopkins Coronavirus Resource Center melaporkan lebih dari 214 juta kasus COVID dan 4,5 juta kematian di seluruh dunia. Disebutkan pula bahwa lebih dari 5 miliar vaksin telah diberikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com