Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pneumonia Covid-19 dan Gagal Jantung, Studi Ini Tunjukkan Perbedaannya

Kompas.com - 20/08/2021, 11:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Peneliti China baru-baru ini mempublikasi hasil penelitian tentang persamaan dan perbedaan hasil CT scan dada pada pasien pneumonia Covid-19 dan gagal jantung.

Dilansir dari Medical Xpress, Kamis (19/8/2021), para peneliti tersebut adalah Zhaowei Zhu, Jianjun Tang, Xiangping Chai dan rekan dari Central South University, Changsha, Hunan, China.

Studi mereka tentang analisis persamaan dan perbedaan fitur CT dada antara pneumonia Covid-19 dan gagal jantung, telah dipublikasikan di jurnal Cardiovascular Innovations and Applications.

Selama pandemi Covid-19, pemeriksaan tomografi komputer (CT) dada sangat direkomendasikan untuk skrining pasien yang diduga terinfeksi virus corona penyebab Covid-19.

Baca juga: Peneliti Ungkap Alasan Pneumonia akibat Covid-19 Lebih Merusak Paru-paru

 

Hasil studi dari pemeriksaan CT scan dada ini dapat menjadi metode untuk melihat perbedaan dan persamaan antara orang dengan pneumonia Covid-19 dan gagal jantung.

CT scan dada juga dianjurkan dalam pemeriksaan Covid-19, karena kemungkinan pasien yang diduga terinfeksi virus corona memiliki riwayat kontak yang tidak jelas, gambaran klinis yang tumpang tindih, dan sistem kesehatan yang kewalahan.

Namun, belum ada perbandingan lengkap CT untuk diagnosis gagal jantung atau pneumonia Covid-19.

Makalah studi ini menjelaskan persamaan dan perbedaan, serta bagaimana pasien dengan gagal jantung atau pneumonia Covid-19 dan satu pasien dengan kedua penyakit ini dinilai dengan informasi klinis dan gambar CT scan dada yang diperoleh dan dianalisis.

Baca juga: Kenali Gejala Pneumonia, Penyebab Kematian Kedua pada Balita di Indonesia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com