Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi: Orang Muda di Bawah 50 Tahun Lebih Berisiko Terinfeksi Covid-19

Kompas.com - 19/08/2021, 09:03 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Hasil pemodelan komputer menunjukkan, risiko orang muda tertular Covid-19 sebenarnya jauh lebih tinggi dibanding yang diperkirakan saat ini.

Penelitian yang dilakukan tim Annals of Internal Medicine, Kanada juga menunjukkan, orang muda yang terpapar Covid-19 cenderung tidak terdeteksi dan mereka lebih berpotensi menularkan virus ke orang tua berusia lanjut.

Selama ini kita tahu bahwa orang tua lebih berisiko terinfeksi Covid-19 dan bisa mengalami gejala yang lebih parah dibanding orang muda saat terpapar virus corona. Inilah yang akhirnya membuat orang tua diprioritaskan menerima vaksin.

Studi baru ini menunjukkan bahwa tingkat infeksi yang dilaporkan tinggi pada orang tua karena selama ini pengujian lebih sering dilakukan pada kelompok ini.

Baca juga: Berapa Banyak Kasus Covid-19 Tanpa Gejala? Ini Hasilnya

"Ketika kita melihat angka kasus Covid-19 selama pandemi, terkadang kita lupa bahwa berapa banyak kasus yang terdeteksi sangat bergantung pada jumlah tes yang dilakukan. Dan jumlah pengujian Covid-19 itu berbeda antar kelompok umur," kata rekan penulis David Fisman dari University of Toronto.

Dilansir dari Reuters, Selasa (17/8/2021), Fisman dan koleganya menggunakan catatan semua tes dan diagnosis tes PCR untuk Covid-19 di Ontario, Kanada, antara Maret dan Desember 2020.

Tim Fisman mengembangkan model statistik untuk menganalisis apakah perbedaan tingkat infeksi berdasarkan kelompok usia dipengaruhi oleh frekuensi pengujian.

Setelah disesuaikan untuk frekuensi pengujian, peneliti berkata, risiko infeksi paling rendah ada pada anak-anak di bawah usia 10 tahun dan orang lanjut usia di atas 80 tahun, dibandingkan dengan populasi keseluruhan.

Tingkat tertinggi infeksi Covid-19 ada pada orang muda di rentan usia 20 sampai 49 tahun.

Baca juga: Ilmuwan Ungkap Ct Value Bukan Indikator Utama Risiko Penularan Covid-19

"Apa yang kita lihat dalam pandemi adalah puncak gunung es yang jauh lebih besar," kata Fisman.

"Dan sebagian besar gunung es itu ada pada orang yang lebih muda."

Fisman mengingatkan, data ini hanya dari satu provinsi Kanada, dan penelitian lebih lanjut diperlukan pada populasi yang lebih luas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com