Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diet Gluten Free, Apa Saja Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi?

Kompas.com - 15/08/2021, 20:49 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comGluten free adalah salah satu diet yang tidak boleh mengonsumsi makanan yang mengandung gluten. Umumnya, diet ini dijalani oleh orang dengan penyakit celiac.

Gluten adalah salah satu jenis protein yang terkandung pada gandum, rye, dan barley. Kandungan gluten pada roti berfungsi untuk membuat roti lebih mengembang dan mempertahankan teksturnya.

Baca juga: Sering Dihindari Saat Diet, ini Jumlah Kalori dalam Roti Tawar

Siapa saja yang perlu diet gluten free?

Gluten bukan merupakan masalah bagi sebagian besar orang. Namun ada sebuah kondisi auto imun bernama penyakit celiac yang perlu melakukan diet bebas gluten ini.

Penyakit celiac adalah kondisi autoimun dimana gluten memicu respons imun menyerang lapisan usus halus. Jika terjadi terus menerus, ini bisa mengganggu penyerapan nutrisi makanan sehingga tubuh tidak mendapatkan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.

Kondisi lain yang perlu melakukan diet ini adalah orang yang sensitif terhadap gluten. Terdapat kondisi dimana seseorang mengalami sakit perut, diare, konstipasi, dan sakit kepala akibat konsumsi gluten. Perbedaannya dengan penyakit celiac adalah tidak ada lapisan usus halus yang terluka.

Baca juga: Butuh Banyak Energi Untuk Lomba, Begini Diet Sehat Ala Atlet Olimpiade

Selain itu, ada pula orang yang alergi terhadap gandum. Pada pasien ini, sistem imun menganggap gandum sebagai zat yang berbahaya sehingga memicu reaksi alergi. Reaksi yang ditimbulkan bisa gatal-gatal, hingga sulit bernapas.

Namun, ada sebagian orang yang mencoba menerapkan diet ini dalam kesehariannya. Diet ini diklaim lebih sehat, meningkatkan energi, dan bisa menurunkan berat badan. Sayangnya, belum ada bukti ilmiah untuk membuktikan manfaat ini bagi tubuh.

Baca juga: 5 Diet Sehat yang Terbukti Efektif Menurut Sains

Makanan yang harus dihindari dalam diet gluten free

Sebenarnya, makanan yang harus dihindari oleh orang yang melaksanakan diet ini hanya gandum, rye, dan barley. Tapi, turunan makanan dari bahan-bahan ini sangat banyak. Simak makanan yang harus dihindari saat diet bebas gluten:

  • Tepung terigu
  • Berbagai jenis pasta
  • Roti
  • Cake
  • Permen
  • Sereal
  • Wafer dan kue kering
  • Kentang goreng
  • Daging dan seafood olahan
  • Produk malt
  • Saus dan kecap
  • Keripik kentang dan keripik jagung

Baca juga: 7 Menu Sarapan untuk Diet, Cepat Turunkan Berat Badan

Untuk tetap menjalani diet ini, telah banyak substitusi untuk mengganti tepung atau makanan yang mengandung gluten agar aman dikonsumsi dalam diet gluten free tanpa mengorbankan nutrisinya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com