Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Macam-Macamnya, Ini Alat Masak yang Aman Bagi Kesehatan

Kompas.com - 13/08/2021, 18:45 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Seiring perkembangan zaman, muncul berbagai alat masak dari berbagai bahan. Masing-masing bahan menawarkan keunggulan yang berbeda-beda. Namun, muncul pertanyaan. Mana alat masak yang paling aman untuk kesehatan?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, mari kita bahas satu per satu alat masak yang tersedia di pasaran.

Aluminium

Ini adalah alat masak yang paling banyak beredar di pasaran. Bahan ini masih menjadi banyak pilihan karena harganya yang murah, serta tidak memerlukan perawatan khusus. Selain itu, bahan ini juga mampu mengantarkan panas dengan cepat saat memasak.

Namun, alat ini melepaskan sebagian partikel aluminium saat proses memasak, walaupun kita mungkin tidak merasakannya dalam masakan.

Sebagian orang percaya paparan aluminium bisa memicu penyakit Alzheimer. Namun, belum ada penelitian yang membuktikan hal ini.

Baca juga: Penemuan Kebetulan Microwave, Alat Masak Canggih di Akhir Perang Dunia

Stainless steel

Stainless steel yang digunakan dalam alat masak merupakan campuran antara besi, krom, dan nikel. Logam ini disebut “stainless” karena ketahanannya terhadap korosi.

Bahan ini dipercaya adalah bahan yang paling sehat karena paling tahan panas dan tidak melepaskan partikel logam ke dalam masakan.

Ceramic

Walau bertuliskan ceramic, alat masak ini bukan terbuat dari keramik. Alat masak ini terbuat dari logam yang dilapisi material anti lengket yang memiliki basis keramik.

Alat masak ini menawarkan kemampuan memasak tanpa lengket. Namun, beberapa konsumen merasa ceramic tidak mengantarkan panas sebaik kedua bahan sebelumnya.

Selain itu, ceramic ini memiliki ketahanan suhu yang lebih tinggi dibandingkan Teflon. Sehingga jika Anda mencari alat masak anti lengket, ini bisa jadi pilihan terbaik untuk Anda.

Cast iron

Cast iron ini biasanya menjadi alat masak favorit chef karena durabilitasnya. Alat masak cast iron yang sudah mengalami proses seasoning bisa membuat alat masak ini tidak lengket dan memberi rasa yang berbeda yang tidak bisa diduplikasi alat masak lainnya.

Alat ini mengandung besi yang cukup tinggi dan berpotensi melepaskannya ke dalam masakan. Bahkan sebuah jurnal yang dipublikasikan di NCBI merekomendasikan orang dengan anemia untuk menggunakan alat masak ini.

Harganya memang cukup mahal, namun ini bisa bertahan lebih lama dibanding alat masak lain. Kekurangannya hanya di perawatannya yang memerlukan teknik khusus.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Menggoreng Menggunakan Air Fryer

Teflon

Teflon adalah salah satu alat masak yang menawarkan keunggulan anti lengket sehingga bisa meningkatkan kenyamanan ketika memasak. Lapisan yang membuat efek anti lengket ini adalah polytetrafluoroethylene.

Selain itu, menggunakan alat masak ini juga bisa meminimalisir penggunaan minyak sehingga makanannya lebih rendah lemak.

Kekurangan bahan ini adalah lapisan ini berpotensi menimbulkan masalah kesehatan, karena mudah rusak ketika proses memasak. Sebuah studi yang dipublikasikan di NCBI menuliskan bahwa teflon memiliki potensi menyebabkan gangguan tiroid dan paru-paru.

Jadi, mana alat masak yang paling aman untuk kesehatan? Sebuah penelitian yang membandingkan empat macam alat masak, yaitu stainless steel, aluminium, teflon, dan enamel. Hasilnya, semua alat masak ini melepaskan zat kimiawi yang berada di bawah batas yang telah ditetapkan oleh Dirjen POM.

Bisa diambil kesimpulan bahwa semua alat masak aman digunakan asalkan kita memperhatikan masing-masing cara penggunaannya dan perawatannya agar tidak berisiko bagi kesehatan kita.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com