Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NASA Mencari Relawan yang Mau Mencoba Tinggal di Mars, Tertarik?

Kompas.com - 09/08/2021, 19:32 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) tengah mencari relawan untuk mencoba merasakan tinggal di planet Merah selama setahun.

Akan tetapi, planet Merah yang dimaksud bukanlah Mars yang sesungguhnya, melainkan sebuah planet simulasi yang mirip dengan habitat planet itu.

Habitat planet Mars seluas 160 meter persegi ini dinamai Mars Dune Alpha. Habitat dibuat dengan menggunakan printer 3D dan ditempatkan di dalam gedung Johnson Space Center di Houston, Amerika Serikat.

Mengutip Phys, Senin (9/8/2021) misi simulasi tinggal di Mars yang disebut Crew Health and Performance Exploration Analog (CHAPEA) ini nantinya berlangsung selama setahun.

Relawan yang dibayar kemudian akan mengerjakan simulasi misi eksplorasi Mars, mulai dari spacewalks, komunikasi terbatas, makanan dan sumber daya terbatas serta menangani kerusakan peralatan.

Baca juga: Cari Kehidupan di Mars, Robot Perseverance NASA Mulai Kumpulkan Batuan

 

Dalam mencari relawan ini, NASA akan melakukan tiga percobaan untuk para relawan yang mencoba tinggal di habitat planet Mars buatan itu, misi ini direncanakan dapat dimulai pada musim gugur tahun depan.

Semua makanan yang disediakan dalam misi simulasi hidup di Mars adalah makanan siap saji. Beberapa tanaman juga ditanam di Mars Dune Alpha untuk memahami bagaimana kinerja manusia di dalamnya.

"Kami ingin melihat situasi Mars yang realistis," kata Grace Douglas, ilmuwan utama yang terlibat dalam proyek ini.

Untuk ambil bagian, NASA membuka aplikasi menjadi relawan Mars, tetapi tentu saja, orang yang mau mencoba misi untuk tinggal di Mars ini, bukanlah orang sembarang.

NASA memberikan persyaratan yang ketat, kandidat relawan yang ingin mencoba tinggal di Mars buatan ini harus berusia antara 30 hingga 55 tahun, termasuk memiliki gelar master di bidang sains, teknik atau matematika, atau memiliki pengalaman pilot.

Baca juga: Interior Planet Mars yang Misterius Dipetakan Pertama Kali oleh NASA

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com