Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dr Reisa: Fakta Sains Buktikan Vaksin Efektif Cegah Kematian karena Covid-19

Kompas.com - 06/08/2021, 10:03 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro menegaskan, fakta sains dari penelitian ilmiah membuktikan vaksin Covid-19 yang ada saat ini, efektif mencegah kematian dan melindungi dari semua varian Covid-19.

Hal ini disampaikan dr Reisa melalui Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Rabu (4/8/2021).

Menurut Reisa, fakta sains membuktikan vaksin virus corona efektif melindungi dari kesakitan berat atau keparahan gejala, perawatan di rumah sakit dan bahkan kematian.

Pernyataannya ini disampaikannya berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan di New England Journal of Medicine tanggal 7 Juli 2021.

Baca juga: Hasil Uji Vaksin Covid-19 Sinovac di Dunia Nyata, 80 Persen Efektif Cegah Kematian

 

Dr Reisa menyampaikan, jurnal tersebut menunjukkan fakta sains dari manfaat vaksin CoronaVac dari Sinovac yang terbukti efektif mencegah Covid-19, termasuk penyakit parah hingga risiko kematian karena Covid-19.

Penelitian tersebut dilakukan dari 2 Februari hingga 1 Mei 2021 kepada sekitar 10,2 juta orang.

Hasilnya menunjukkan efektivitas yang tinggi untuk pencegahan rawat inap, untuk pencegahan masuk unit gawat darurat (UGD) serta untuk pencegahan kematian akibat Covid-19.

Selanjutnya fakta lain tentang vaksin Covid-19 dalam penelitian Canadian Immunization Research Network (CIRN), menurut sains, vaksin AstraZeneca dapat memberikan perlindungan substansial terhadap semua jenis varian baru Covid-19.

Baca juga: 2 Dosis Vaksin Pfizer atau AstraZeneca Efektif Lawan Varian Delta

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com